Minggu, 19 Mei 2024

Mahasiswa Unair Magang dan Pelajari Budaya di Negeri Sakura

Diunggah pada : 10 Januari 2024 11:48:53 59
Moch Zidane Indrawan, mahasiswa Stujep, FIB, Unair berkesempatan magang di Hotel Yumoto Shirogane Onsen, Jepang. (Foto: istimewa)

Jatim Newsroom - Moch Zidane Indrawan, mahasiswa Studi Kejepangan (Stujep), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Airlangga (Unair), berkesempatan mengikuti program magang di ‘negeri sakura’. Mahasiswa yang kerap disapa Zidane itu tengah menjalani magang di Hotel Yumoto Shirogane Onsen, Jepang, terhitung sejak Oktober 2023 lalu hingga Oktober mendatang.

Melalui PT. Japan Indonesia Program Akademik (JIPA), kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa jepang dan memberikan pengalaman kerja secara nyata di jepang. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga akan mempelajari budaya kerja dan kehidupan sosial yang dianut oleh orang Jepang.

Zidane belajar tentang manner dalam menyajikan set up makanan Jepang selama program berlangsung. Ia juga mendalami peran dalam menyambut dan mengarahkan para tamu sesuai nomor meja dan kamar mereka. Tidak serta merta langsung bekerja secara profesional, pada awal bulan Zidan mengikuti masa orientasi atau pengenalan terhadap bidang pekerjaannya. Selain itu, ia juga kerap mendapatkan pelatihan secara langsung untuk memantapkan skill nya selama magang. 

Belajar dan beradaptasi di negeri orang dengan bahasa asing bukanlah hal yang mudah, dalam hal ini Zidane kerap mengalami culture shock karena adanya perbedaan lifestyle dan cuaca yang sangat jauh. Terlebih, menjalani kehidupan sebagai muslim yang minoritas sempat menjadi kendala Zidane dalam menyesuaikan waktu.

“Untuk kendala banyak sekali yang saya alami. Salah satunya dalam mengenali waktu masuk sholat fardhu (Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’). Selain itu saya juga harus lebih berhati-hati dan teliti dalam membeli makanan karena daging babi dan sapi sulit sekali dibedakan, serta tidak ada label halal untuk membedakan,” ujarnya, dalam rilis Unair, Rabu(10/1/2024)

Lebih lanjut, Zidane mengukapkan bahwa cara bicara orang Jepang lebih susah dibanding apa yang dibayangkan. “Saya terkadang banyak dalam berkomunikasi pada saat mendapat perintah, melayani pelanggan yang bicara menggunakan bahasa jepang yang sangat cepat, dan terkadang saya tidak tahu apa yang dibicarakan,” tuturnya.

“Awal awal agak kurang percaya diri dan yang paling sulit untuk memahami apa yang diucapkan oleh pelanggan, karena cara bicara orang Jepang sangatlah cepat dan agak susah dimengerti. Namun karena sudah beberapa bulan magang, saya dapat memahami dan terbiasa dengan nada bicara orang jepang disini,” imbuh mahasiswa FIB Unair itu.

Menurut Zidane, masih banyak sekali kendala yang ia alami semenjak kedatangannya. Namun, Zidane tidak menyerah begitu saja dan bertekad untuk menyelesaikan program ini dengan baik.

“Saya berusaha teguh kepada diri sendiri, tetap jalani seperti biasa, dan jangan lupa ibadah. Jika terjadi kendala, biasanya saya bercerita kepada keluarga atau teman dekat untuk menemukan jalan keluar,” ungkap mahasiswa Stujep UNAIR itu.

Terlepas dari semua kendala yang pernah dialaminya, Zidane menganggap bahwa mengikuti program ini sangat penting untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum lulus dan menjadi bekal karir di masa depan.

Ia pun berpesan kepada seluruh mahasiswa agar jangan pernah takut mencoba. “Jangan takut mencoba hal baru yang belum pernah kamu alami. Untuk mahasiswa studi kejepangan yang bermimpi pergi jepang, ayo tetep semangat belajar bahasa jepang agar lebih fasih dan bisa mengunjungi tempat impian kalian,” paparnya.(mad/hjr)

 

 

 

#unair