Minggu, 19 Mei 2024

Mahasiswa Unair Borong Lima Medali National Education Competition

Diunggah pada : 24 November 2023 13:50:48 29
Aufar Mahran Alleani, Andini Carolina, Putri Salma Nabila, Farrel Bhanu Mahardhika, Fathira Elena dan Sayyid Abdurrahman berhasil membawa 5 Medali serta menyingkirkan 600 tim dari universitas ternama di Indonesia pada ajang National Education Competition oleh Universitas Pendidikan Indonesia.

Jatim Newsroom - Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya,  tak hentinya untuk menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini, prestasi datang dari Aufar Mahran Alleani, Andini Carolina, Putri Salma Nabila, Farrel Bhanu Mahardhika, Fathira Elena dan Sayyid Abdurrahman. Mereka berhasil membawa lima medali serta menyingkirkan 600 tim dari universitas ternama di Indonesia pada ajang National Education Competition oleh Universitas Pendidikan Indonesia. 

Dalam ajang tersebut, kontingen Unair memenangkan beberapa kategori yakni: Juara 3 Umum Essay oleh Aufar Mahran Alleani dan Andini Ariani Carolina, Medali Emas bidang pertanian oleh Aufar Mahran Alleani dan Andini Ariani Carolina, Medali Perak bidang pendidikan oleh Putri Salma Nabila dan Muhammad Sayyid Abdurrahman, Medali Perak bidang teknologi oleh Fathira Elena dan Aufar Mahran Alleani, Medali Perak bidang hukum sosial dan ekonomi oleh Farrel Bahnu Mahardhika dan Medali Perunggu bidang pangan oleh Andini Ariani Carolina dan Putri Salma Nabila, Best Poster dan Best Paper pada bidang pertanian.

Laki laki yang akrab disapa Aufar itu menceritakan, untuk berada pada pencapaian ini bukanlah perkara yang mudah. Dalam ajang tersebut, ia dan tim dihadapkan oleh 600 kontingen lainnya yang berasal dari perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Pesaing pada tahun ini memang berat-berat, banyak yang berasal dari top universities dan telah berpengalaman dengan ajang kompetisi serupa. Hal ini menjadi tantangan kami dan tim untuk tidak patah semangat dan minder kepada kontingen lainnya,” ujar Aufar, di Surabaya, Jumat (24/11/2023).

Tantangan dan rintangan tak berhenti pada saat itu, jadwal perkuliahan yang cukup padat antar masing anggota menjadi tantangan terbesar dari Aufar dan tim. Mengingat, beberapa anggota tim merupakan mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan berorganisasi.

 “Namun, halangan dan tantangan yang kami alami satu tim berhasil kami tumpaskan. Dengan keyakinan dan kekompakkan, saya selaku ketua tim yakin bahwa dapat mengharumkan nama UNAIR pada kompetisi kali ini,” papar ketua tim itu.

Tips Raih Juara Ala Aufar

Ketua tim tersebut mengaku, bahwa sebagai ketua yang memimpin kontingen Unair merupakan tanggung jawab yang besar baginya. Pasalnya, ia memiliki ambisi yang besar untuk dapat mengharumkan Unair selama ia masih duduk di bangku perkuliahan.

Salah satu hal yang ia pegang dalam memimpin tim yaitu mengayomi sesama anggota tim. Ia meyakini, bahwa setiap proses dan pembelajaran akan terasa mudah jika dilalui bersama.

“Tak ada hal yang instan untuk meraih pencapaian semua akan melalui tahap berproses yang sama untuk menuju versi terbaik dari masing-masing anggota tim,” ungkapnya.(mad/hjr)

 

 

 

 

#unair