Selasa, 7 Mei 2024

Mahasiswa FK Unair Raih Juara Umum IMO Yarsi 2023

Diunggah pada : 9 November 2023 9:40:19 96
Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga (FK Unair) berhasil meraih juara umum dalam Indonesian International Medical Olympiad (IMO) di Universitas Yarsi dan mengalahkan 68 tim berasal dari universitas ternama.

Jatim Newsroom - Tiada kata lelah untuk Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga (FK Unair) menorehkan prestasi gemilangnya. Kali ini, mereka berhasil meraih juara umum dalam Indonesian International Medical Olympiad (IMO) di Universitas Yarsi dan mengalahkan 68 tim berasal dari universitas ternama.

Indonesian International Medical Olympiad (IMO) 2023 merupakan ajang kompetisi tahunan canangan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). Ajang tersebut terbagi enam cabang yakni Cardiorespiratory, Genitourinary, Musculoskeletal, Digestive, Neuropsychiatry, dan  Infectious Diseases.

Dalam ajang tersebut, delegasi FK Unair memenangkan beberapa kategori yakni: Ali Mustofa, Inggil Mukti Gunawan (Medali Emas - Digestive), Achmad Rifai, Illoney Nadya Kamila (Medali Emas - Infectious Disease), Aileen Aisyah Maulida, Jovanda Atha Alodia Aji (Perunggu - Musculoskeletal),  Yongki Welliam, Ikhsan Rifai Darmawan (Semifinalist - Cardiorespiratory) dan Nabilah Rahmaniah, Mohammad Nizar Maulana (Semifinalist - Neuropsychiatry). 

Yongki Welliam, selaku ketua tim delegasi FK Unair menuturkan bahwa untuk berada pada pencapaian ini bukanlah perkara mudah. Pasalnya, ia dan delegasi lainnya harus membagi waktu antara mempersiapkan kompetisi dengan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE).

Hal itu mengharuskan mereka untuk belajar lebih keras dengan memberikan performa terbaiknya pada kompetisi. Berkat dukungan dari fakultas dan para alumni FK Unair, mereka berhasil menumpaskan segala rintangan yang ada. 

Ketua tim tersebut tak berhenti mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak FK Unair yang telah memberikan dukungan materi dan moril selama kompetisi berlangsung. Ia mengaku bahwa, tanpa dukungan segala pihak dari FK Unair, ia dan tim tidak dapat berada pada pencapaian ini. 

“Kami juga dengan satu delegasi lainnya sempat mengalami ketidakpercayaan diri karena para kompetitor yang berasal dari universitas ternama yang setiap tahunnya meraih juara. Namun, selaku ketua delegasi FK Unair yakin bahwa tahun ini merupakan giliran FK Unair yang meraih juara,” tutur Yongki, dalam rilis Unair, Kamis(9/10/2023). 

Tips Konsisten Meraih Juara

Bukan kali pertama, Yongki Welliam menjadi ketua delegasi FK Unair. Ia mengatakan bahwa dirinya mengemban tanggungjawab yang besar untuk memimpin tim FK Unair untuk meraih juara. Beberapa hal yang menjadi kunci untuk konsisten bagi Yongki. 

Kunci tersebut terletak pada kekompakan tim dan komunikasi yang baik. Kekompakan tim dapat berupa support sistem antar anggota tim agar membangun satu semangat serta visi dan misi. Koordinasi dan pembagian tugas yang tepat juga penting dalam menjaga konsistensi meraih juara. 

“Saya berpesan kepada para mahasiswa kedokteran untuk tidak takut dan ragu mengikuti kompetisi apapun. Karena dengan mengikuti kompetisi tersebut membawa beneficial yang akan kembali kepada kita di masa mendatang,” tegasnya.(mad)

 

#unair