Minggu, 5 Mei 2024

Luluskan 1062 Wisudawan, Rektor Unair Tekankan Pentingnya Kejujuran

Diunggah pada : 4 Maret 2024 10:35:24 9
Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak

Jatim Newsroom – Tidak hanya sekadar selebrasi, momen wisuda merupakan waktu yang paling dinanti oleh mahasiswa, sebagai bukti perjuangan panjangnya dalam menyelesaikan pendidikan. Momen haru dan bangga itu berlangsung pada wisuda hari pertama Sabtu (2/3/2024) periode 241 di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus MERR-C.

Dalam momen haru penuh sukacita tersebut, Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak resmi meluluskan sebanyak 1062 wisudawan yang berasal dari jenjang diploma (D3-D4), sarjana (S1), master (S2), spesialis satu (Sp1), spesialis dua (Sp2), dan doktor (S3). Dalam sambutannya, Prof Nasih menyampaikan bahwa wisuda bukanlah akhir dari tujuan dan perjalanan mahasiswa.

“Wisuda bukanlah tujuan, bukanlah akhir dari perjalanan. Wisuda hanyalah terminal untuk mampir dan untuk melanjutkan perjalanan yang lebih menantang menjadi momen spesial. Ini merupakan permulaan dalam perjalanan yang panjang,” ucap Rektor dalam rilis Unair, yang diterima Senin(4/3/2024).

Tak lupa, Prof Nasih mengingatkan para wisudawan untuk terus bersyukur dan mengucap basmalah dalam melanjutkan perjalanan, yang tentunya tak kalah menantang jika dibandingkan ketika menjadi mahasiswa. Selain itu, hendaknya wisudawan segera melakukan evaluasi diri untuk mengetahui langkah mana yang akan ditempuh selanjutnya.

Prof Nasih dengan tegas menyampaikan bahwa dalam perjalanan hidup, tidak ada yang bisa menghindari tantangan besar, dan salah satunya adalah perubahan. Namun, sudah semestinya masing-masing individu yang senantiasa belajar, akan memiliki peluang yang lebih besar dalam meraih kesuksesan.

“Satu tantang terbesar adalah perubahan. Tidak ada satu pun yang berada tetap pada posisinya. Kalau bumi berhenti bergerak, berhenti mengubah posisi, tentu kiamat akan terjadi. Demikian pula ketika matahari berhenti mengelilingi matahari. Sehingga, pembelajarannya adalah terdapat suatu keniscayaan dalam perubahan. Perubahan tersebut dapat dilalui dengan belajar, sebab belajar merupakan bagian dari strategi dan ikhtiar untuk meraih kesuksesan,”  terang Prof Nasih.

 Beliau juga mengatakan bahwa sudah sepatutnya, seluruh sivitas akademika berpegang teguh pada value Unair. Tetap menjunjung tinggi HEBAT, yang terdiri dari Humble, Excellence, Brave, Agile, danTranscedent.

“Tetaplah menjadi orang yang rendah hati, tidak sombong, dan jangan pernah berhenti belajar. Belajar itu dapat di mana saja, dengan waktu kapan saja, dan dengan siapa saja. Semangat untuk terus belajar tersebut dapat menjadi bekal ketika kerendahan hasi muncul. Ketika diri merasa sombong dan tinggi hati, maka di saat itu pula pintu ilmu akan tertutup dan Anda akan kesulitan melampaui pintu yang lebih tinggi lagi,” ujar rektor.

Prof Nasih berpesan agar seluruh civitas Unair terus menjunjung tinggi kejujuran dan jangan pernah melakukan kebohongan atau manipulasi dalam hal apa pun. Seorang ilmuwan boleh mengakui kesalahannya, tetapi tidak dengan berbohong.

Perlu diketahui, pada wisuda kali ini hadir beberapa tamu khusus. Di antaranya, hadir Prof Dr Ir Ari Purbayanto MSc selaku Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof Akhmad Muzakki MAg GradDip SEA MPhil PhD selaku Rektor Univeristas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), dan Prof Dr Siti Marwiyah SH MH selaku Rektor Universitas Dr Soetomo (Unitomo). (mad/hjr)

 

#unair