Selasa, 21 Mei 2024

Lulus FH Unair, Alexander Jajaki Dua Benua

Diunggah pada : 18 April 2024 9:15:41 24
Alexander, namanya wisudawan S1 Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) yang berhasil menyandang gelar wisudawan berprestasi pada gelaran wisuda Unair periode 241.

Jatim Newsroom- Alexander, namanya wisudawan S1 Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair) yang berhasil menyandang gelar wisudawan berprestasi pada gelaran wisuda Unair periode 241. Tak pernah terlintas di benaknya bahwa di masa akhir studinya akan mendapat predikat terhormat itu.  

Wisudawan asal Bandar Lampung itu menceritakan, sejak ia menduduki bangku sekolah menengah atas (SMA) telah memiliki mimpi untuk dapat berkunjung ke Negeri Paman Sam. Melalui mimpi tersebut menjadi dorongannya untuk memilih FH Unair sebagai tujuan studi S1-nya.  

“Salah satu motivasiku untuk memilih FH Unair yakni dapat mengikuti kompetisi International Society of International Law (INASIL) oleh Philips C Jessup Moot Court Competition. Syukurlah melalui kompetisi tersebut, aku berhasil mewujudkan impianku pergi ke Amerika Serikat pada tahun 2022,” ujarnya, Kamis(18/4/2024).

Tak hanya itu, Alex sapaan akrab nya juga merupakan awardee IISMA 2023. Melalui IISMA, wisudawan berprestasi itu berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di Perancis. Tepatnya, di universitas terbaik di Perancis yakni Grenoble Ecole de Management.  

Break The Stereotype  

Berasal dari tanah perantauan membuat Alex sempat mengalami minder karena tidak mendapatkan privilege untuk belajar berbahasa asing. Namun keterbatasan tersebut tak membuatnya mudah menyerah dengan keadaan, ia berusaha memaksimalkan masa studi-nya untuk dapat mengenyam pendidikan di luar negeri.  

“Keterbatasan tersebut menjadi bahan bakar semangatku untuk mematahkan stereotip bahwa hak dan kesempatan mengenyam pendidikan di luar negeri hanya untuk mahasiswa dari kota besar. Mahasiswa yang berasal dari desa pun dapat merasakan hak dan kesempatan yang sama,” ungkapnya. 

Alex menceritakan, lingkungan sekitarnya tak banyak yang mengenyam pendidikan hingga sarjana. Hal itu menariknya untuk membuktikan bahwa pendidikan merupakan hal yang penting. Dengan pendidikan, dapat membentuk seseorang menjadi pribadi yang berwawasan dan berperilaku baik.  

Ia meyakini, pencapaiannya tak luput dari doa orang tua yang selalu dipanjatkan setiap malamnya serta campur tangan Tuhan yang mewujudkan segala impiannya selama masa studi S1. “Tentu peran orang tua menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan anak, terimakasih telah mendukungku hingga mengantarkan pada titik ini” terangnya.(mad/hjr)

#unair