Selasa, 7 Mei 2024

Lamongan Tanamkam Nasionalisme melalui Megilan Karnaval

Diunggah pada : 4 September 2023 17:13:35 106
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan menanamkan nilai-nilai nasionalisme melalui Megilan Karnaval (Megkarnaval) Lamongan tahun 2023, Senin (4/9/2023).

Mengusung tema “Maju terus untuk Lamongan megilan” megkarnaval menyuguhkan ragam budaya nusantara mulai dari tarian, musik, pakaian adat, makanan, hasil bumi, drumband, maskot yang unik dan kreatif, hingga ornamen-ornamen khas nusantara.

Hadir di tengah antusias masyarakat, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, mengungkapkan, Megkarnaval menggambarkan jiwa semangat masyarakat Lamongan untuk mewujudkan Lamongan yang Megilan (Luar biasa).

“Selamat datang dan menyaksikan para masyarakat Lamongan tumplek blek atau berkumpul di Alun-Alun dan sepanjang rute yang dilewati, luar biasa dan ini terasa aura kita bahwa Lamongan akan semakin megilan,” ucap Pak Yes saat memberangkatkan Megkarnaval di Depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

Diikuti 25 peserta yang terdiri tingkat SMP/MTS 12 peserta, SMA/MA/SMK 12 peserta, dan Dinas Pendidikan Lamongan 1 peserta. Para peserta Megkarnaval menyusuri rute yang dimulai dari Depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, jl. Lamongrejo, Jl. Ki Sarmidi Bangun Sarkono, Jl. Soewoko, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl. Sunan Drajat, Jl. Andanwangi, Jl. Andansari, Jalan Baduki Rahmad, hingga finis di Gedung Sport Center Lamongan.

Berdasarkan Laporan plt. Kepala Bapelidbangda Lamongan, Sujarwo, Megkarnaval kedua pasca pandemi ini ditujukan untuk membangkitkan nasionalisme, melestarikan budaya, serta menyemarakkan event festival Lamongan. 

“Tujuan diselenggarakannya Megkarnaval sebagai bentuk rasa syukur menyemarakan HUT 78 RI, serta membangkitkan nasionalisme, melestarikan budaya, event festival Lamongan,” ujarnya melalui rilis Humas Pemkab Lamongan.

Kegiatan yang sarat akan budaya ini menjadi salah satu penguatan program Rama Shinta yaitu pariwisata ramah dan terintegrasi untuk menyemarakkan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Lamongan. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #Pariwisata #megilan karnaval