Jumat, 3 Mei 2024

Lamongan Sukseskan Program Desa Berjaya bersama TNI Manunggal Membangun Desa 119

Diunggah pada : 21 Februari 2024 9:22:47 19
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 di Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan terus merealisasikan program prioritas Desa Berjaya. Salah satunya melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. 

Seperti dipublikasikan dalam rilis Pemerintah Kabupaten Lamongan (21/2/2024), Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengatakan kegiatan TMMD merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama TNI dalam memberikan respons terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat. 

"TMMD merupakan kegiatan kolaborasi Pemkab Lamongan bersama TNI untuk mewujudkan akselarasi pemerataan pembangunan dari fisik hingga non fisik," tutur Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan di lapangan Desa Brengok Kecamatan Brondong. 

Sesuai dengan tema yang diangkat yakni "Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah", fokus pelaksanaan TMMD adalah pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik meliputi rabat beton sepanjang 1.052 meter dengan lebar jalan 4 meter dan tinggi beton 0,20 meter, adapun pengerukan embung, dan pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 unit. 

Sedangkan untuk nonfisik adalah pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan wawasan kebangsaan cinta tanah air dan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan negara. Hadir juga pelayanan berkualitas, mulai dari pelayanan kesehatan gratis, pelayanan administrasi Disdukcapil, pelayanan administrasi Satlantas, hingga operasi pasar murah.

"Selain melakukan pembangunan merata, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberdayakan SDM dan menghadirkan pelayanan publik berkualitas secara inklusif," terangnya. 

Dijelaskan oleh Dandim 0812, Letnan Kolonel Arm Ketut Wira Purbawan selaku Komandan Satgas TMMD 119, kegiatan TMMD akan dilaksanakan selama satu bulan penuh mulai tanggal 20 Februari hingga 20 Maret mendatang. 

"Dalam satu bulan penuh, kami akan memupuk semangat gotong royong menbangun desa. Ini adalah poin pentingnya yakni berinteraksi langsung dengan masyarakat, karena tujuan kami bukan hanya untuk sasaran fisik semata melainkan memelihara semangat gotong royong bersama masyarakat," jelas Komandan Satgas TMMD 119, Ketut Wira.

Ketut Wira memprediksi akan terjadi hambatan pengerjaan pembangunan karena TMMD dilakukan di musim penghujan. Namun antisipasi akan dilakukan dengan cara pengoptimalan pengerjaan pembangunan saat cuaca normal agar tidak terjadi penundaan jadwal yang sudah ditetapkan. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #TNI Manunggal Membangun Desa