Sabtu, 4 Mei 2024

Lamongan Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Diunggah pada : 23 Februari 2024 13:02:23 15
Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024 di Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Menandai puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Lamongan mulai melakukan penanaman pohon di Kawasan Gajah Mada (Kagama) yang dicanangkan menjadi ruang publik kedua Lamongan. Penanaman ini merupakan komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan ruang publik yang bersih dan asri.

“Hari ini kita berbagagia dan penuh semangat untuk menanam bersama, setelah beberapa kita kunjungi Alhamdulillah terus ada perubahan tidak hanya bersih tapi juga lebih rapi,” kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi usai melakukan penanaman, Jumat (23/2/2024).

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan, penanaman vegetasi pertama di tahun ini disediakan sebanyak 250 pohon  yang berasal dari bantuan bank Jatim (150 pohon) dan bank BRI (100 pohon). Jenis pohon tersebut yakni tabubuya, bambu petung, pule, dan ketapang. 

Mendapat respons baik dari stakeholder di Kabupaten Lamongan, Pak Yes mengapresiasi atas dukungan stakeholder dalam meningkatan kebahagiaan masyarakat. “Terima kasih dengan adanya tanaman ini momen yang tepat karena memasuki musim penghujan. Karena kita punya mimpi Kawasan Gajah Mada kita menjadi ruang publik kedua yang dapat dimanfatkan masyarakat, yang kita harapkan menjadi peningkatkan community happiness (kebahagiaan masyarakat),” kata Pak Yes.  

Untuk terciptanya hutan kota, penghijauan di kagama akan dilakukan secara bertahap. Mengingat masih perlu adanya pemantapan lahan mulai dari pengerukan hingga pemetaan titik agar tidak merusak kawasan yang telah direncanakan.  

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Lamongan, Edy Yunan Achma mengatakan, rencana pembangunan kagama tahun ini difokuskan untuk penuntasan coworking space, Pematangan lahan, pemetaan akses masuk kagama, dan pembangunan fasilitas toilet, Pemeliharaan sarana prasarana, hingga lainnya. (idc/hjr)

#Kabupaten Lamongan #Hari Peduli Sampah Nasional