Minggu, 28 April 2024

Lamongan Kolaborasikan Potensi Wisata Hingga Ekonomi Kreatif

Diunggah pada : 25 Januari 2024 17:08:42 54
Sumber: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Kabupaten Lamongan sudah tetapkan kalender event 2024. Dalam rangkaian 33 event yang akan digelar mengkolaborasikan seluruh potensi, mulai dari pariwisata, seni budaya, hingga ekonomi kreatif.

“Di kalender event 2024 terdapat 33 event dalam rangkaiannya. Seluruhnya kami kolaborasikan mulai dari potensi wisata, seni budaya hingga ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Lamongan,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan saat ditemui, Kamis (25/1) di kantor Disparbud Kabupaten Lamongan.

Mengutip rilis Pemkab Lamongan, Penggabungan seluruh potensi ini juga merupakan bagian dari kolaborasi lintas sektor.  Yangmana tujuannya ialah mempertegas potensi Kabupaten Lamongan. Selain itu juga bentuk realisasi program prioritas pariwisata ramah dan terintegerasi (Rama Shinta).

Kalender event juga digunakan sebagai media untuk memantik kunjungan wisata di Kabupaten Lamongan. Kinerja kalender event dapat dilihat dari meningkatnya kunjungan wisata Kabupaten Lamongan pada tahun 2023 lalu. Tercatat ada 93.254 wisata nusantara yang menghadiri pagelaran event tahun 2023 lalu. Sedangkan peningkatan juga terjadi pada angka kunjungan wisata Kota Soto, tahun 2023 terdapat 4,8 juta wisatawan nusantara dan 541 wisatawan mancanegara. Sedangkan pada tahun 2022 tercatat 4,7 juta wisatawan nusantara dan 97 wisatawan mancanegara.

Selanjutnya Rubikah mengungkapkan bahwa event Ruwahan Sendhang duwur akan menjadi pembuka kalender event 2024, tepatnya pada bulan Februari.  Selanjutnya di bulan Maret ada Haul Sunan Drajat, Pawai Ogoh-Ohoh, Ramadhan Fashion Parade, dan Festival Patrol, dan masih banyak lagi event lainnya.

“Kalender event akan dilangsungkan pertama kali di bulan Februari 2024. Rangkaiannya akan berlangsung hingga Desember nanti. Adapun event baru yang akan kita laksanakan, yaitu Lamongan Eksportiva, Ramadhan night trip adventure trail dan bakti social mushola, serta launching museum daerah,” ungkapnya.

Pada 2024 ini juga dilakukan launching program pariwisata terintegrasi. Didalamnya terdapat pilot project terhadap wisata-wisata yang memiliki embrio potensi akan diintegerasikan menjadi satu paket wisata. Paket didalamnya berisi kuliner, alam, ekonomi kreatif, dan budaya.

“Program tersebut menjadi realisasi Rama Shinta. Seperti contohnya tahun 2023 kita sudah mendampingi 9 desa wisata, itu nanti akan kita jadikan satu paket dengan pusat sentra oleh oleh sebagai ekonomi kreatif, wisata kuliner, dan lainnya. Jadi paket yang kita siapkan dapat dijadikan rekomendasi untuk para wisatawan yang akan datang,” terang Rubikah. (ghf/s)

#Kabupaten Lamongan