Senin, 20 Mei 2024

Lamongan Jaring Calon Atlet Unggul Lewat Porseni MI

Diunggah pada : 5 Juli 2023 18:21:17 182
Kontingen Porseni MI Lamongan 2023.

Jatim Newsroom - Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Madrasah Ibtidaiyah (MI) 2023 tingkat Kabupaten Lamongan resmi dimulai, Rabu (5/7/2023), di MI Murni Sunan Drajat Lamongan.

Melalui rilisnya, Pemerintah Kabupaten Lamongan, Sebanyak 1.188 kontingen yang merupakan perwakilan dari 27 Kecamatan ini akan unjuk bakat serta prestasi pada 8 cabang olahraga (cabor) dan 9 cabang seni. Porseni ini sendiri merupakan wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan prestasi anak sejak dini.

"Porseni merupakan momen penting bagi perkembangan anak, karena dengan mengikuti Porseni dapat menunjukkan serta mengembangkan bakat dan prestasi sejak dini," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka kegiatan Porseni MI 2023 tingkat Kabupaten.

Pemerintah Kabupaten Lamongan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Porseni karena sebagai ajang menjaring bibit atlet dan seniman agar terus berkiprah.

"Pemkab Lamongan memberi dukungan penuh kepada anak-anak yang turut serta pada Porseni karena mereka merupakan calon atlet dan seniman yang harus terus diberikan sokongan agar terus berkiprah," ungkap Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Dilaksanakan selama 2 hari mulai Rabu hingga Kamis (5-6/7/2023), Porseni tingkat Kabupaten akan mengambil 130 kejuaraan dari seluruh cabang lomba yang akan dikirim ke tingkat Provinsi pada Oktober nanti.

"Sebelumnya kita telah mengadakan seleksi pada tingkat Kecamatan pada bulan Juni lalu. Dari tingkat Kabupaten ini kami akan mengambil 130 kejuaraan yang akan dibina selama 1 bulan yakni pada bulan Agustus untuk mempersiapkan diri mengikuti Porseni tingkat Provinsi pada Oktober nanti di Kabupaten Banyuwangi," terang Kepala Seksi Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Lamongan, Banjir Sidomulyo.

Secara rinci Banjir menyebutkan ragam cabang lomba yang dilaksanakan yakni pada cabang seni terdapat pildacil 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris), puisi, menyanyi islami, silat, tahfidz, dan MTQ. Sedangkan pada cabang olahraga terdapat lari 100 Meter, tolak peluru, lompat jauh, bulu tangkis, tenis meja, dan voli mini.

Selaku Ketua Pelaksana Porseni MI Kabupaten Lamongan, Mat Ngali, menaruh harapan kepada para kontingen yang berhasil lolos di tingkat Kabupaten bisa mempertahankan juara yang pernah diraih pada tahun 2021 yakni di bidang pidato Bahasa Indonesia dan menyanyi islami.

"Semoga para kontingen yang akan berliga di tingkat Provinsi nanti mampu mempertahankan juara yang diraih pada Porseni 2021 lalu, namun selain itu yang paling utama ialah mereka menikmati pertandingan dan memperoleh pengalaman berharga," harapnya. (ghf/s)

#Kabupaten Lamongan #olahraga #Porseni