Sabtu, 4 Mei 2024

Lamongan Canangkan Program Kampung Iklim di Wilayah Lapas

Diunggah pada : 21 Agustus 2023 8:55:13 53
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan berkolaborasi mencanangkan program kampung iklim (Proklim) di wilayah lapas. Hal ini guna mengurangi dampak perubahan iklim dan adaptasi mitigasi yang difokuskan pada kegiatan lokal.

Dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Imam Jauhari, pada Minggu (20/8/2023), di Halaman Lapas Kelas II B Lamongan, pencanangan proklim yang dilakukan Lapas Lamongan menjadi pilot project pengembangan Prokrim di wilayah Lapas dan rutan se-Indonesia. 

“Kita bisa saksikan bersama di Lapas Lamongan saat ini sebagai pilot project pembangunan program Kampung iklim atau Proklim ini merupakan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca,” ucap Imam Jauhari melalui rilis Humas Pemkab Lamongan, Senin (21/8/2023).

Imam mengatakan, Lapas Lamongan merupakan salah satu unit kerja kemasyarakatan yang akan senantiasa aktif dan mendukung laju percepatan birokrasi, dari segi layanan terhadap warga binaan kemasyarakatan maupun percepatan prioritas aktual pemerintah. 

“Harapan kita bersama, kegiatan ini dapat mendukung keberlanjutan upaya adaptasi mitigasi iklim dengan adanya keterlibatan pihak eksternal, dalam pengembangan serta kebermanfaatan sosial, ekonomi, lingkungan dalam pengurangan risiko bencana iklim dalam rangka memperingati hari lahir Kemenkumham yang ke-78,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mendukung gagasan inovasi Lapas Lamongan yang turut serta di program Lamongan green and clean. 

“Birokrasi kampung proklim ini sungguh menciptakan sebuah inovasi yang sangat luar biasa, mendukung kampung-kampung proklim yang ada di Lamongan, baik di perkampungan, sekolah, maupun lembaga-lembaga, dengan bersama-sama untuk melakukan sebuah program dalam rangka perbaikan lingkungan dan juga menjaga lingkungan di negeri kita cinta,” ungkap Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan.

Tak hanya itu, semarak peringatan Hari Lahir Kemenkumham yang jatuh pada 19 Agustus lalu, pada kesempatan yang sama, dilaksanakan lomba burung berkicau Kalapas Cup yang diikuti lebih dari 600 peserta meliputi kelas kakanwil, kelas Kalapas, kelas Lamongan, kelas Sahabat Kicau Indonesia (SKI), kelas BMW, kelas solid, dan kelas guyub dengan jenis burung  Murai Batu, Cucak Hijau, Cendet, Kacer Kenari, Sogon, Lovebrid Fighter, hingga lainnya. 

Menurut Kalapas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lamongan, Mahrus, melalui kegiatan yang melibatkan seluruh stakeholder secara vertikal maupun horizontal, dapat mendukung kelestarian habitat burung, meningkatkan pariwisata, dan perekonomian masyarakat atau UMKM khususnya di Kabupaten Lamongan. (idc/hjr)




#lamongan #lapas #iklim