Selasa, 7 Mei 2024

Lamongan Bekali Manajemen Anti Korupsi Di Bidang Pendidikan

Diunggah pada : 9 Desember 2022 20:15:55 45
Sumber foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Kabupaten Lamongan ikut serta semarakkan puncak Hari Korupsi Sedunia (Hakordia) 2022 secara virtual melalui kanal Zoom meeting, Jumat (9/12/2022) di ruang Command Center Pemkab Lamongan Lt.3. Mengusung tema "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi" 34 Provinsi di Indonesia serempak bersatu lawan korupsi, termasuk Kabupaten Lamongan.

Korupsi dinyatakan sebagai tindakan yang melebihi kejahatan karena dapat menyebabkan negara kehilangan potensi dari pendapatan sektor unggulan. Lamongan masif menggiatkan pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan sosialisasi-sosialisasi terkait korupsi, pembekalan anti korupsi kepada bidang pendidikan.

"Kemarin Lamongan membekali manajemen anti korupsi pada bidang pendidikan. Hakordia 2022 ini kita jadikan cambuk untuk lebih baik lagi dalam menangani korupsi. Prestasi kita dalam capaian 5 besar tingkat nasional Monitoring Center for Prevention (MCP) yang diinisiasi KPK," tutur Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, saat menghadiri pembukaan Hakordia 2022.

Membuka Hakordia 2022, Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin, mengatakan salah satu cara pencegahan tindak korupsi ialah dengan adanya pendidikan berkualitas.

"Korupsi sangatlah merugikan, ada satu cara yang ampuh mencegah tindak korupsi yaitu pendidikan. Karena kualitas pendidikan akan menyadarkan profesionalitas kinerja yang benar," kata Ma'ruf.

Lebih lanjut Ma'ruf menegaskan bahwa Pemerintah butuh dukungan untuk mensukseskan program prioritas pembangunan agar tidak terhambat adanya kasus korupsi. Bebas dari korupsi akan menjadikan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, penguatan sistem jaminan sosial, peningkatan sistem kesehatan nasional, revitalisasi pariwisata dan UMKM serta bidang lainnya. (ghf/n)

#lamongan #Anti Korupsi #Hakordia 2022