Jumat, 3 Mei 2024

Lamongan Ajak Kawula Muda Bergandeng Tangan Teruskan Pembangunan

Diunggah pada : 28 Oktober 2023 21:10:06 22
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom - Peringati Hari Sumpah Pemuda yang ke-95, Pemerintah Kabupaten Lamongan ajak kawula muda untuk bersama-sama memberikan pelayanan, implementasi pembangunan, dan meningkatkan keberdayaan masyarakat.

Hal tersebut dituturkan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023, Sabtu (28/10/2023) di Alun-Alun Lamongan.

Kolaborasi bersama pemuda sudah ditetapkan menjadi komitmen Kabupaten Lamongan, yang telah tertuang dalam misi kedua RPJMD 2021-2026 yakni mewujudkan sumber daya yang unggul berdaya saing, dan berakhlak responsif terhadap perubahan zaman.

"Pemerintah Kabupaten Lamongan telah berkomitmen untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas, agar tumbuh menjadi SDM unggul dan dapat diandalkan dalam pembangunan Lamongan ke depan," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes dalam sambutannya melalui rilis humas Pemkab Lamongan.

Komitmen pembangunan pemuda di Kabupaten Lamongan dapat dilihat dari capaian indeks pembangunan pemuda tahun 2022 mencapai 59,17. Angka tersebut diukur dari 5 domain dasar meliputi pendidikan, kesehatan, kesejahteraan lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi.

"Alhamdulillah capaian indeks pembangunan pemuda di Kabupaten Lamongan tahun 2022 capai 59,17, atau lebih tinggi dari rata-rata Provinsi Jawa Timur dan Nasional," ungkap Pak Yes.

Untuk mempertahankan pembangunan pemuda, Pemkab Lamongan juga terus mengimplementasikan program prioritas "Pemuda dan Olahraga" melalui inovasi Perintis (pendidikan terintergrasi dan gratis), Young Entrepreneur Succes, dan UMKM.

Mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia", Pak Yes meminta kepada pemuda Lamongan agar menjadi katalisator pemilu damai 2024. Di sini pemuda harus mampu memberikan literasi politik yang cerdas bagi masyarakat sehingga mewujudkan kondusivitas.

Selanjutnya saat membuka sarasehan pemuda yang digelar di Pendopo Lokatantra, Pak Yes meminta kepada pemuda Lamongan agar responsif terhadap kemajuan teknologi digitalisasi. Pasalnya, dengan memahami digitalisasi merupakan salah satu kontribusi mengawal pembangunan di masa mendatang.

"Berada di era kemajuan teknologi dan digitalisasi, pemuda Lamongan atau generasi gen z diminta untuk responsif terhadap kemajuan teknologi digitalisasi. Karena memang saat ini kita tidak bisa lepas dari teknologi dan digitalisasi, jadi ayo terus mengembangkan potensi digitalisasi untuk mengawal pembangunan ke depan," jelasnya di hadapan organisasi pemuda yang hadir.

Hadir untuk menjadi narasumber Founder PT Duta Merpati Indonesia Pradita aditya menekankan kepada pemuda Lamongan agar siap menghadapi era kemajuan teknologi digital. Karena dasar yang harus dipahami gen z saat ini adalah sandang, pangan, papan, dan pekerjaan. Mulai sekarang hingga ke depan semua pekerjaan akan berhubungan dengan teknologi dan digitalisasi.

"Isu yang harus kita tuntaskan ke depan adalah kemajuan teknologi digitalisasi, begitupun dengan pekerjaan yang akan kalian tekuni pasti bergelut dengan kemajuan teknologi digital. Maka dari itu kita semua harus menyeimbangkan antara belajar teori dan praktek," tegas Pardita Aditya dalam sarasehan yang mengambil tema "Peran Pemuda dalam Memajukan Indonesia di Era Digital". (idc/...)

#lamongan #sumpah pemuda