Sabtu, 4 Mei 2024

KPU Jatim Tetap Utamakan Protokol Kesehatan Pada Pemilih Pilkada Serentak

Diunggah pada : 28 Agustus 2020 2:21:12 13

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menegaskan kembali  kelompok kerja dan partisipasi masyarakat untuk terus mengutamakan protokol kesehatan pada semua tahapan pemilihan kepala daerah serentak nanti.

Hal tersebut ditegaskan  oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Gogot Cahyo Baskoro, dalam diskusi di kantor KPU Jatim, Kamis (27/8/2020).

“Penting untuk diingat, selain materi tentang seluruh tahapan, program, dan jadwal pemilihan, ketentuan protokol kesehatan harus dimasukkan dalam materi sosialisasi dan pendidikan pemilih yang disampaikan kepada masyarakat”, kata Gogot

Dalam sosialisasi pemilihan serentak lanjutan ini, protokol kesehatan menjadi fokus utama sebelum berbicara mengenai angka partisipasi masyarakat.

KPU juga telah menyusun berbagai aturan mengenai pelaksanaan tahapan dengan memperhatikan protokol kesehatan sebagai pedoman penyelenggara dalam melaksanakan pemilihan.

Ada 4 tahapan yang rentan terhadap penyebaran Covid-19 yaitu, verfikasi faktual dukungan Bapaslon Perseorangan, Kampanye, Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, serta Pemungutan Suara.

Ia juga menyampaikan bahwa perlunya keterlibatan ahli kesehatan untuk turut serta setiap kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU.

“Langkah tersebut untuk memberikan  jaminan kepada masyarakat akan keamanan bahwa tahapan yang sedang berjalan tidak mempengaruhi dirinya terinfeksi Covid-19”, pungkasnya.(mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait