Senin, 22 Juli 2024

KPU Jatim Mulai Distribusikan Pengganti Surat Suara Yang Rusak

Diunggah pada : 1 Februari 2024 13:55:50 46
Anggota KPU Jatim, Miftahul Rozak saat mengecek surat suara pengganti yang disimpan di kantor KPU Jatim. (Pca)

Jatim Newsroom – Komisi Pemilhan Umum (KPU) Jawa Timur mulai melakukan pendistribusian pengganti surat suara  pemilu 2024  ke KPU Kabupaten/Kota yang mengalami rusak saat penyotiran dan pelipatan beberapa waktu lalu.

Anggota KPU Jatim, Miftahul Rozak dikonfirmasi di kantor KPU Jatim, Kamis (1/2/2024) membenarkan bahwa  surat suara pemilu 2024 tersebut merupakan pengganti surat suara yang rusak dan sudah dilaporkan ke KPU Provinsi. “Surat suara tersebut disimpan di media center KPU Jatim, dan surat suara tersebut nanti diambil oleh KPU kab/kota dikawal oleh Kepolisian dan Bawaslu,”katannya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk KPU kabupaten/kota yang sudah ambil surat suara pengganti di KPU Jatim yaitu Sampang, Pamekasan,kota Blitar, Mojokerto, Probolinggo, Nganjuk. “Untuk surat suara yang rusak di sejumlah Kabupaten/kota akan dimusnakan H-1 sebelum proses pencoblosan,”paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur segera menindaklanjuti dan mengkroscek ulang kembali laporan surat suara rusak yang ditemukan di Kabupaten Sidoarjo. Dimana sebelumnya KPU Sidoarjo mengecek logistik pemilu 2024 yaitu ada  3.000 surat suara rusak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan saat seluruh KPU Kab/Kota se Jatim telah menyelesaikan proses sortir lipat surat suara untuk pemilu 2024. Bahkan logistik seperti tinta dan bilik sudah berada di gedung logistik KPU kab/kota masing.

KPU Provinsi Jatim saat ini terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk persiapan pendistribusian logistik ke kecamatan yang dimulai pada awal Februari 2024. KPU Jatim juga terus memprioritaskan daerah kepuluan sumenep untuk logistik pemilu,”katanya. (Pca/hjr)

#kpu jatim