Kamis, 2 Mei 2024

KPU Jatim : Distribusi Logistik Pemilu Tahap Pertama Sudah 80 Persen di Kab/Kota

Diunggah pada : 21 November 2023 10:19:17 54
Anggota KPU Jatim, Miftahur Rozaq saat melihat kondisi logistik pemilu 2024. (Pca)

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menegaskan, distribusi logistik Pemilu 2024 tahap pertama sudah mencapai 80 persen ke tingkat kabupaten/kota di Jawa Timur. Dari hasil monitoring yang dilakukan, sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam proses distribusi logistik.

"Pengiriman dari Penyedia ke KPU Kabupaten/Kota logistik tahap pertama estimasinya sekitar hampir 100  persen," kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim Miftahur Rozaq saat dikonfirmasi, Selasa  (21/11/2023).

Dijelaskan, untuk pengadaan dan distribusi logistik Pemilu pada tahap pertama ini meliputi, kotak suara, bilik suara, tinta hingga segel. Berdasarkan penjelasan Rozaq sebelumnya, Pengadaan tahap pertama memang tidak berkaitan dengan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) dan Daftar Pasangan Calon (DPC).

Proses distribusi logistik ini, telah dimulai sejak sekitar sebulan lalu. Rozaq menyebut, pihaknya terus melakukan pemantauan atau monitoring terhadap proses distribusi. Menurutnya, dari pantauan yang dilakukan seluruhnya berjalan lancar.  "Sejauh ini tidak ada kendala berarti. Kami terus update progres pengiriman tiap hari ke kabupaten/kota,"katanya.

Sementara itu, Rozaq mengungkapkan untuk pengadaan logistik Pemilu tahap kedua saat ini masih dalam proses produksi. Adapun logistik tahap kedua diantaranya meliputi, surat suara, formulir dan sampul.

Dalam kesempatan beberapa waktu lalu, Rozaq menegaskan bahwa pengadaan logistik Pemilu Tahun 2024 oleh KPU beserta jajarannya menekankan pada 6T. Yakni, tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat biaya. (Pca/hjr)

#kpu jatim