Jumat, 14 Juni 2024

KPU Jatim Ajak Pemilih Disabilitas Berpartisipasi di Pemilu 2024

Diunggah pada : 28 Oktober 2022 10:06:42 112
Anggota KPU Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro saat sosialisasi pemilu 2024 bersama penyandang Disabilitas di Bojonegoro. (Pca)

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di Kabupaten Bojonegoro melibatkan  50 orang pemilih dari segmen disabilitas untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Partisipasi oleh disabilitas ini penting, pasalnya menurut Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, disabilitas memiliki hak yang sama sebagai pemilih. “Hak akses yang aksesibel, memberikan suara yang rahasia, menjadi peserta dan penyelenggara Pemilu, serta mendapatkan informasi kepemiluan dan demokrasi,” jelas Gogot Cahyo Baskoro dikonfirmasi, Jumat (28/10/2022).

Menurut Gogot, pemilih dari segmen disabilitas memiliki kepentingan dalam Pemilu. Diantaranya menyampaikan hak pilih, aksesibel, tidak sekedar menjadi objek, tanpa diskriminatif, dan lain sebagainya. Pertimbangan lainnya, partisipasi pemilih dari segmen disabilitas ini pada Pemilu Tahun 2019 di Jatim masih rendah. Berdasarkan data partisipasi pemilih untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) sebesar 39%, anggota DPR sebesar 36%, anggota DPD sebesar 36%, anggota DPRD Provinsi sebesar 37%.

Untuk itu, KPU Jatim merasa perlu memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk segmen peyangdang disabilitas ini.Disabilitas memiliki hak yang sama sebagai warga negara, disabilitas memiliki hak untuk paham tentang berbagai hal yang mempengaruhi kehidupan mereka dengan baik. "Selain itu mereka memiliki keterbatasan aktivitas yang secara tidak langsung berdampak pada kesadaran politik, dukungan keluarga terhadap keterlibatan disabilitas dalam pemilu masih relatif kurang, dan keterlibatan disabilitas dalam pemilu memotivasi pemilih lain,” jelas Gogot.

Ia berharap setelah dilakukan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada segmen disabilitas ini, pemilih dari yang tidak tahu menjadi tahu. Kemudian ada perubahan sikap, dari antipati menjadi setuju dengan pemilu. “Kami berharap ada perubahan perilaku, dari yang tidak mau menggunakan hak pilih menjadi mau menggunakan hak pilihnya,”pungkasnya.

Sementara itu narasumber dari Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, Mochammad Alfianto menyampaikan bentuk partisipasi pemilih diantaranya dengan melakukan pendidikan pemilih. “Selanjutnya, melakukan sosialisasi tata cara tahapan, pemantauan, melaporkan dugaan pelanggaran, menjadi peserta kampanye, mendaftarkan diri sebagai pemilih, dan mengajak untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Alfianto mengungkapkan bentuk partisipasi lainnya yaitu dengan memberikan suara pada hari pemungutan suara, berperan dalam pemberitaan pemilu, berpartisipasi dalam lembaga survei dan penghitungan cepat.

Narasumber lainnya Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM KPU Kabupaten Bojonegoro, Mustofirin menyatakan bahwa Pemilu Tahun 2024 aksesibel bagi kaum difabel perlu ditingkatkan. Salah satunya lewat sosialisasi ini.

Usai pemaparan semua materi, acara dilanjutkan dengan tanya jawab interaktif bersama peserta. Perlu diketahui pelaksanaan kegiatan ini memperhatikan kebutuhan peserta disabilitas yang hadir, karena selain tempatnya yang aksesibel juga menyediakan interpreter. Kegiatan ini berlangsung Bertempat di Rumah Makan Griya Manyung, jalan Raya Bakalan Kapas Bojonegoro. Selain Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, turut pula hadir Kepala Bagian (Kabag) Teknis Penyelenggaraan Pemilu; Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Tekmas), Popong Anjarseno, Kepala Subbagian (Kasubag) Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Parmas), Prahastiwi, dan seluruh staf subbagian Parmas. Sementara dari KPU Kab Bojonegoro hadir seluruh Komisioner KPU Kab Bojonegoro. (pca/hjr)

#dprd jatim

Berita Terkait

Jadi Penopang Pendapatan Asli Daerah
DPRD ; BUMD Jatim Diharapkan Tingkatkan...
12 Juni 2024
thumb
Saatnya Jadi Penopang PAD Jatim.
Pokja Indrapura Gelar Diskusi Panel BUMD...
11 Juni 2024
thumb
Jawaban Gubernur PU Fraksi Terkait APBD 2023
Pj. Gubernur Adhy Optimistis BUMD Sumban...
10 Juni 2024
thumb