Senin, 6 Mei 2024

KPU Jatim : 31 Kab/Kota Laporkan Hasil Rekapitulasi dan 7 Daerah Selesai Jumat Besok

Diunggah pada : 7 Maret 2024 21:18:18 453
Ketua KPU Jatim, Aang Kuanaifi dan anggota KPU Nur Salam di shangrilla Surabaya. (Pca)

Jatim Newsroom - Rapat Pleno Terbuka Rekaputulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Timur telah terlaksana untuk 31 Kabupaten/Kota. Dengan demikian KPU Provinsi Jatim hanya tinggal  menyelesaikan 7 Kabupaten/Kota lagi.

Saat ini tinggal tersisa 7 daerah yang belum. Yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Jember, dan Lumajang. Daerah ini menunggu giliran jadwal pada keesokan hari.  “Target kita tanggal 8 Maret besok sudah selesai semua,” kata Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (7/3/2024).

Aang optimistis rekapitulasi selesai sesuai target yang diharapkan. Sementara untuk Surabaya, kata dia, berdasarkan rekomendasi oleh pengawas dan saksi untuk melakukan penghitungan ulang, KPU Jatim memfasilitasi sesuai ketentuan. “Surabaya sudah terkonfirmasi selesai malam ini,” ujarnya.

Terkait keberatan sejumlah pihak, KPU Jatim mengatakan akan memfasilitasi sesuai regulasi dengan mengisi formulir keberatan.

Menurut Aang, KPU Jatim juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak penopang penyelenggara Pemilu yang telah sukses mendukung pesta demokrasi. “Dari daerah itu kami juga mendapat potret angka partisipasi masyarakat di Jatim mencapai 84 persen. Angka ini melebihi target nasional KPU RI 77,7 persen,” jelas Aang.

Angka partisipasi masyarakat (parmas) ini cukup tinggi daripada Pemilu 2019 (80-82 persen) lalu. Angka golput menurun. Tingginya parmas dinilai karena kesadaran berpolitik meningkat. Penyumbang parmas tertinggi adalah Kabupaten Mojokerto. Termasuk kontribusi pemilih pemula dan disabilitas. (Pca/hjr)

 

#kpu jatim