Jumat, 3 Mei 2024

KPU dan Bawaslu Jatim Laporkan Persiapan Pilkada Serentak Pada Gubernur

Diunggah pada : 5 Agustus 2020 5:38:45 9

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur melaporkan persiapan  Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) serentak di 19 kabupaten kepad Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dalam pertemuan tersebut KPU Jatim mengungkapkan dalam persiapan menggelar pilkada serentak di 19 kabupaten/kota, pihaknya akan lebih waspada karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 ini dan segala antisipasi akan dilakukan secara ekstra hati-hati, khususnya tahapan kampanye. yang harus sesuai Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Choirul Anam menuturkan, pihaknya telah melaporkan ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terkait perkembangan tahapan pilkada serentak pada Desember mendatang. Mulai dari pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, rapid test petugas pemilu, pencalonan dan kampanye.

“Ini beberapa hal yang kita laporkan secara berkala meski tidak bertemu secara langsung,” tutur Anam usai bertemu Gubernur Khofifah di Kantor Gubernur Jatim Jl Pahlawan 110 Surabaya, Selasa (4/8/2020).

Terkait konsep kampanye yang akan dimulai pada 26 September sampai 6 Desember atau selama 71 hari, metodenya sama persis dengan kampanye biasa. Baik pertemuan tertutup maupun terbuka bahkan kampanye akbar masih diperbolehkan.

“Tetapi dalam PKPU 6 tahun 2020 diatur bahwa kampanye harus memperhatikan protokol covid, kapasitas gedung dan sarana kesehatan.
Terkait metode seperti pilkada seperti biasanya,” tutur Anam.

Dalam kesempatan itu, Anam juga menjelaskan terkait pelaksanaan Pilkada serentak agar senantiasa mengedepankan protokol Covid-19. Khususnya bagi petugas agar senantiasa aman dalam menjalankan tugasnya. Hal ini karena petugas KPU cukup banyak mencapai 500.900 orang.

“Dipastikan dapat terhindar covid-19 dengan dibekali APD yang layak.Semua APD serta vitamin dan obat sudah kita cukupi,” terang Anam.

Sementara itu, Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jatim berpesan agar KPU Jatim memperhatikan protokol kesehatan disemua tahapan Pilkada karena masih pandemi Covid-19. Gubernur Khofifah akan terus mendukung KPU dan Bawaslu Jatim dalam menjalankan tugasnya. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Salah satunya kantor KPU dan Bawaslu Jatim. (mad)

 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait