Kamis, 2 Mei 2024

KPU ; Ada 13 Orang Calon DPD RI dari Jatim yang Ditetapkan

Diunggah pada : 14 November 2023 13:20:28 9192
Anggota KPU Insan Qoriawan. (Pca)

Jatim Newsroom - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim telah menetapkan Daftar Caleg Tetap (DCT) untuk anggota DPD RI dari Jatim yaitu 13 orang pada Pemilu Legeslatif (Pileg) 2024 mendatang.

Komisioner KPU Jatim Insan Qoriawan mengatakan, dimana calon DPD ini sebanyak 15 bakal calon yang mendaftar telah dinyatakan lolos administrasi, namun dua orang diantaranya mengundurkan diri, karena mendaftar secara ganda, selain DPD juga DPR RI. "Jumlah calon anggota Dewan Perwakilan daerah Jawa Timur, untuk Pemilu tahun 2024 sebanyak 13 orang, lebih sedikit dari tahun 2019," katanya dikonfirmasi, Selasa (14/11/2023).

Pada Pemilu 20219 lalu, KPU Jatim menetapkan sebanyak 28 orang dalam daftar DCT caloin anggota DPD RI untuk Dapil Jatim. Namun tahun pada Pemilu 2024 mendatang, hanya 13 orang. "Sebetulnya ada 15 orang yang dukungannya dinyatakan telah memenuhi syarat, namun ada dua orang calon tersebut yang mengundurkan diri dari pencalonan anggota DPD,"ujarnya.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, dua calon tersebut mengundurkan diri karena menjadi calon anggota DPR RI di Provinsi Jawa Timur,"katanya.

Dua diantaranya yang mengundurkan diri, adalah Evi Zainal Abidin yang memilih untuk menjadi Caleg DPR RI dari Partai Gerindra di dapil Jatim II, yang meliputi Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo dan Kota Pasuruan. Kemudian Emilia Contessa, penyanyi lawas ini juga memilih maju menjadi caleg DPR RI dari Partai Perindo. Dirinya akan bertarung di Dapil Jatim III, yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Situbondo.(pca/hjr)

#kpu jatim