Senin, 15 Juli 2024

Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi

KPK RI Gelar Talkshow 'Anti Corruption Talks' di UNAIR

Diunggah pada : 14 Juni 2024 20:12:59 63
Ratusan mahasiswa UNAIR saat foto bersama acara talkshow atau gelar wicara bertajuk 'Anti Corruption Talks (ACT!) Series', di Gedung Rektorat, Kampus C, Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, Jumat (14/6/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menggelar acara talkshow atau gelar wicara bertajuk 'Anti Corruption Talks (ACT!) Series', di Gedung Rektorat, Kampus C, Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, Jumat (14/6/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi milik KPK RI yang kali ini singgah di Surabaya. 

Acara diikuti oleh ratusan mahasiswa UNAIR, dengan diawali sambutan dari Rektor UNAIR, Prof. Mohammad Nasih. Setelah itu, dilanjutkan dengan, keynote speech dari Pimpinan KPK RI, Johanis Tanak.

Dalam arahannya, Pimpinan KPK RI Johanis Tanak menyampaikan, tujuan acara ini adalah untuk mengedukasi mahasiswa dan mengajak mereka untuk sama-sama menjaga Indonesia agar terbebas dari korupsi. 

"Tujuan acara ini adalah untuk membumi hanguskan korupsi di negeri ini, agar upaya pemberantasan korupsi di Indonesia menjadi budaya," jelas Johanis. 

Lebih lanjut, Johanis menilai, perilaku korupsi itu membahayakan sehingga Ia mengajak para mahasiswa supaya menjadi pahlawan dalam membumi hanguskan korupsi di masa depan sebagai generasi muda. "Korupsi itu sangat membahayakan. Maka, mari bersama-sama menjadi pahlawan untuk membumi hanguskan korupsi di muka bumi ini," ajaknya. 

Dari mahasiswa yang kuliah di UNAIR ini, Johanis mengharapkan, muncul bibit-bibit baru agen antikorupsi di Indonesia. 

Rektor UNAIR, Prof. Mohammad Nasih (kiri) dan Pimpinan KPK RI, Johanis Tanak (kanan) saat menyerahkan cindera mata usai pembukaan acara talkshow atau gelar wicara bertajuk 'Anti Corruption Talks (ACT!) Series', di Gedung Rektorat, Kampus C, Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, Jumat (14/6/2024). Foto : Vivin

"Jadi saya juga berharap ada dari almamater saya di sini, Universitas Airlangga yang akan ikut bergabung nanti di KPK. Dan berantaslah korupsi dengan sungguh-sungguh, jangan dengan main-main. Karena disitu (KPK) bukan tempat bermain, tapi tempat untuk memberantas korupsi di negara ini," pesan Johanes. 

Dalam memberantas korupsi, Johanes sependapat dengan apa yang dikatakan Rektor UNAIR bahwa, korupsi itu terjadi karena adanya kesempatan. "Oleh karenanya, kesempatan memang menjadi suatu alasan yang konkret untuk dapat mempengaruhi kepribadian. Yang kemudian ini lebih nge-trend sekarang disebut dengan integritas. Dan sikap integritas inilah yang akan dibahas dalam acara talkshow ini," tukas Johanis. 

Johanis berharap, melalui talkshow ini para mahasiswa jadi lebih paham dan sadar untuk menjaga dan mencegah terjadinya korupsi di Indonesia khususnya di Jawa Timur. 

"Saya ucapkan terima kasih sekali lagi kepada Pak Rektor UNAIR, dan jajaran Universitas Airlangga yang telah bersedia menerima kami dan menyambut kami di sini. Dan menerima kami untuk menyampaikan materi-materi yang akan disampaikan oleh kami melalui para narasumber nanti," pungkasnya. 

Diketahui, acara ini mendatangkan beberapa narasumber dari berbagai akademisi universitas di Indonesia yang sebelumnya telah lulus dalam audisi menulis jurnal KPK RI. (vin/s)

 

#unair #KPK RI #Roadshow Bus Antikorupsi