Jumat, 3 Mei 2024

Kontes Bonsai Semarakkan Hari Jadi Lamongan Ke-454

Diunggah pada : 9 Mei 2023 16:01:11 62
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, melihat Bonsai dalam Simphoni Bonsai HJL 454, Selasa (9/5/2023).

Jatim Newsroom - Mewarnai Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-454 berlangsung perhelatan kontes bonsai bertajuk Simphoni Bonsai yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, di Alun-Alun Lamongan, Selasa (9/5/2023).

Mengutip rilis Pemkab Lamongan, Melalui perhalatan yang di gelar hingga pekan ini (14/5/2023), Bupati Yes mengajak para penggiat bonsai maupun masyarakat umum untuk menyemarakan program pemerintah #ayoditumbasi.

Terlebih, bonsai menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang mampu menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional hingga 5,6%.

“Pertumbuhan ekonomi memang diperlukan untuk lompatan-lompatan yang tidak hanya mengandalkan sumber daya alam yang sudah ada, tapi perlu lompatan yang sudah di buktikan yakni dengan ekonomi kreatif, dan alhamdulillah bonsai para penggemar bonsai ini termasuk bagian ekonomi kreatif yang mendukung ekonomi nasional,” kata Bupati Yes.

Sebagai pendongkrak ekonomi daerah melalui ekonomi kreatif, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang berbasis seni dan kreatifitas dengan melalui berbagai kolaborasi dengan stekholder. 

“Alhamdulillah Kabupaten Lamongan terus mendorong agar ekonomi kreatif dapat terus berkembang menjadi salah satu daya tarik, menjadi salah satu pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, yang tentu ini bisa menggabungkan, mengkolaborasikan dari seluruh sumber daya alam yang ada di Kabupaten Lamongan, yang tentu terus kita fasilitasi melalui berbagai program dan kegiatan,” tutur Bupati Yes.

Dengan menyajikan 706 pot bonsai, kontes bonsai menghadirkan 4 kelas yakni kelas utama (32), madya (37), pratama (187), dan prospek (450) dengan beragam jenis mulai dari sancang, ficus, serut, beringin, loah, kimeng, ipriku, hingga lainnya. 

Meski kontes bonsai yang diselenggarakan PPBI Lamongan berbenturan dengan event bonsai di daerah lain, Ketua PPBI Pusat Erwin Risman mengapresiasi sukses terselenggaranya kontes bonsai mampu menarik peserta lebih dari 20 cabang. 

“Saya sangat mengapresi sekali kegiatan ini apalagi dari pemerintah Kabupaten Lamongan, kami berharap kegiatan ini dapat diagendakan menjadi agenda tahunan agar teman-teman cabang Lamongan tidak perlu mencari lokasi, di sini lokasinya sudah sangat baik sekali, setrategis. Dan kami juga mengapresiasi Kabupaten Lamongan mencoba mengadakan event internasional. Mungkin nanti kalau Lamongan ingin mengadakan event internasional akan kita coba agendakan,” ucap 

Sejak didirikan tahun 2007, PPBI Lamongan telah menggelar 10 pameran nasional dan berbagai pameran Lokal, di 18 ranting secara berkala. Sehingga melalui kontes bonsai di tahun ini, diharapkan penggiat bonsai semakin maju dan dapat diperhitungkan di kontes-kontes skala nasional hingga dinternasional melalui kreatifitas dan seni para pembonsai. 

Bagi para masyarakat yang ingin menikmati, belajar, maupun berbelanja terkait bonsai dalam event ini juga menyediakan stan-stan bursa bonsai yang diikuti para pelaku dan penghiat bonsai dari berbagai cabang maulai dari Lamongan, Surabaya, Sumenep, Malang, Bondowoso, hingga Batam.

Pada keepatan yang sama, Ketua PBBI Pusat Erwin Risman melantik pengurus PPBI cabang Lamongan, Jombang, dan Mojokerto, yang disaksikan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, beserta jajarannya.(ghf/n)

#Kabupaten Lamongan #pameran #HJL 454