Jumat, 10 Mei 2024

Komisi B DPRD Jatim Harap Kesejahteraan Petani Jadi Prioritas Pemerintah

Diunggah pada : 5 September 2023 19:14:36 101
Anggota komisi B DPRD Jatim, Agus Dono Wibawanto di DPRD Jatim. (Pca)

Jatim Newsroom – Komisi B DPRD Jawa Timur, Agus Dono Wibawanto berharap dan meminta kepada pemerintah memperhatikan nasib dan kesejahteraan para petani menjadi prioritas. Hal ini dilakukan agar permasalahan pangan terutama pemenuhan beras di Indonesia tetap dipertahankan atau surplus serta juga harga beras bisa ditekan.

“Tentunya untuk memberikan kesejahteraan petani bisa dengan tetap memberikan subsidi pupuk. Bukan malah dikurangi subsidi pupuknya. Ironis sekali sampai sekarang ini petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Tak hanya itu, pemerintah juga harus mampu membantu perbaikan irigasi dan membuat embung sebanyak mungkin untuk pengairannya sawah," terang Agus Dono dikonfirmasi, Selasa (5/9/2023).

Dikatakannya, saat ini ditengah el nino pemerintah selalu mengandalkan import beras dari negara-negara penghasil beras. " Vietnam dan India merupakan salah satu negara tetangga yang paling sering mengirimkan berasnya ke Indonesia,"jelas 

Padahal, lanjut pria asal Malang ini harusnya pemerintah menyadari kalau negara-negara tersebut tentunya tak selamanya mampu mengeksport berasnya untuk memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia." Mereka tentunya akan mempertahankan kondisi dalam negerinya terlebih dahulu jika ada kejadian seperti elnino saat ini. Harusnya pemerintah mengerti itu,"katanya.

Untuk mempertahankan ketahanan pangan di Indonesia, kata Agusdono Wibawanto, bukan malah mengandalkan import beras, namun peran bulog di maksimalkan." Bulog perannya sangat penting dalam pendistribusian dan tata niaga beras di Indonesia. Beri subsidi ongkos angkut beras di Bulog sehingga harga beras bisa tetap stabil,"ungkapnya.

Dia juga menambahkan, pemerintah juga harus maksimal memberikan kesempatan  laboratorium milik fakultas pertanian di Indonesia untuk menciptakan varietas beras yang baru dan tahan lama untuk menjaga kesinambungan ketahanan pangan di Indonesia.

"Pokoknya yang utama agar stabilitas nasional tetap terjaga, dan tidak mengandalkan import beras saja yaitu maksimalkan kepedulian petani dengan menambah subsidi pupuk dan membantu perbaikan irigasi persawahan. Jika ini terealisasi saya yakin ke depan Indonesia bisa swasembada pangan bahkan bisa melakukan eksport ke negara lain,"pintanya politisi asal malang ini. (Pca)

#dprd jatim