Kamis, 2 Mei 2024

Kominfo Jatim Dukung Sinergitas Jatim Digital

Diunggah pada : 6 November 2023 17:00:26 69
Sosialisasi Sinergitas Jatim Digital, di Kabupaten Mojokerto, Senin (6/11/2023).

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) mendukung sinergitas Jatim Digital. Dalam sosialisasi yang digelar di Kabupaten Mojokerto, Senin (6/11/2023), Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin mengajak penguatan literasi digital. 

“Penguatan literasi digital perlu terus ditingkatkan khususnya pada empat pilar Gerakan Literasi Digital Nasional, yaitu cakap bermedia digital, aman bermedia digital, berbudaya bermedia digital, dan beretika bermedia digital,” ujarnya. 

Kadis Sherlita juga menuturkan, era digital seharusnya berada di dalam genggaman untuk kita kendalikan, bukan sebaliknya. “Mari kita bersama menjaga ruang digital, ikut terlibat menggerakkan orang-orang untuk bisa memproduksi kebaikan dan konten positif di sekitar aktivitas digital kita,” terangnya. 

Ia pun memaparkan perkembangan era digital di Indonesia semakin pesat. Lembaga riset digital global, we are social menyebut pengguna internet di Indonesia saat ini sebanyak 212,9 juta jiwa atau sekitar 77 persen dari total penduduk Indonesia. 

Tidak hanya itu, pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta jiwa atau sekitar 60,4 persen dari total populasi. Waktu akses internet masyarakat Indonesia pun tergolong sangat tinggi, yaitu 7 jam 42 menit dalam sehari. 3 jam 18 menit di antaranya digunakan untuk mengakses media sosial. 

“Masyarakat Indonesia juga sangat bergantung dengan ponsel. Rata-rata waktu paling lama untuk tidak memegang ponsel hanya sekitar 7 menit,” ungkapnya. 

Melalui kegiatan ini, Kadis Sherlita berharap Masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakan internet dan juga media sosial. “Sehingga harmonisasi dalam kehidupan masyarakat bisa tetap terjaga dari berbagai dampak negatif yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman dalam bermedia digital, seperti hoaks dan ujaran kebencian,” tuturnya. 

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Anggota DPRD Jatim, Aisyah Lilia Agustina; Sekretaris Dinas Kominfo Kota Mojokerto, Hasta Priyangga; Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto, Dian Rosalina; serta Manajer Online dan Media Sosial Jawa Pos Radar Mojokerto, Moch. Chariris. (idc/s)

#Diskominfo Jatim #jatim digital