Jumat, 3 Mei 2024

Kominfo Jatim dan Dispen Koarmada II Surabaya Siap Tingkatkan SDM Digital

Diunggah pada : 6 Juli 2023 17:51:42 107
Kepala Diskominfo Provinsi Jatim (Kadiskominfo Jatim) , Sherlita Ratna Dewi Agustin dengan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada II Surabaya, Kolonel Laut Widyo Sasongko.

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) dan Dinas Penerangan (Dispen) Komando Armada (Koarmada) II Surabaya merencanakan kegiatan bersama guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM)  dunia digital. Kegiatan tersebut dalam bentuk pelatihan atau workshop, pembuatan film dokumenter, pembuatan video pendek  Iklan Layanan Masyarakat (ILM) , dan pemanfaatan klinik hoaks guna menangkal informasi hoaks. 

Hal tersebut menjadi pokok pembicaraan pertemuan antara Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dengan Kepala Dispen Koarmada II Surabaya, Kolonel Laut Widyo Sasongko. "Diskominfo Jatim dan Koarmada II Surabaya merencanakan  kegiatan bersama dalam bentuk pelatihan atau workshop tentang teknologi digital untuk meningkatkan kemampuan para prajurit TNI AL di Koarmada II," ujar Kadis Sherlita, di ruang kerja Kadispen Koarmada II Surabaya, Kamis (6/7/2023).

Kadis Sherlita juga menjelaskan kinerja Kominfo Jawa Timur dalam melakukan branding program berbagai Dinas, melalui media sosial, flyer, dan ILM. Hal yang sama juga bisa dilakukan guna menginformasikan berbagai program Koarmada II Surabaya.

Selain itu, Diskominfo Jatim juga siap membantu Dispen Koarmada II dalam memerangi hoaks dengan bisa memanfaatkan klinik hoaks Diskominfo Jatim. Hal ini diperlukan guna membantu Dispen Koarmada II dalam menyeleksi informasi yang masuk dari luar.

Tidak hanya itu, Ia menjelaskan pemerintah Jawa Timur juga mengembangkan ekonomi kreatif di kawasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Singhasari Malang. "Di sana banyak workshop para anak-anak milenial Jawa Timur yang mengerjakan berbagai konten kreatif hingga animasi. Tidak hanya itu, ada juga yang mengerjakan pekerjaan Disneyland," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadispen Koarmada II Surabaya menjelaskan  Pusat Pelayanan Data Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi  yang sangat lengkap dalam pengembangan dunia digital yang bisa dimanfaatkan bersama. "Oleh karena itu kami nanti bisa bersama Diskominfo mengajak bersama-sama untuk kerja sama dengan Pusdatin dalam pengembangan Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan teknologi digital," kata Widyo Sasongko.

Kadispen Koarmada II Surabaya pun menceritakan berbagai pengalaman tentang peralihan dunia digital dari era start-up beralih ke era pemanfaatan data untuk branding dan penerangan. "Saya pernah belajar di sebuah perusahaan besar produk minuman, bagaimana riset data sangat penting untuk peningkatan branding," katanya. (mad/s)

#Diskominfo Jatim