Jumat, 17 Mei 2024

Komandan Wing Udara 2, 3 dan Danlanudal Biak Puspenerbal Berganti

Diunggah pada : 10 Januari 2024 14:52:00 140

Jatim Newsroom- Komandan Wing Udara 2 Juanda, Komandan Wing Udara 3 Biak dan Komandan Pangkalan Udara TNl Angkatan Laut (Danlanudal) Biak, Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) berganti, Komandan Puspenerbal Laksda TNl Sisyani Jaffar memimpin jalannya Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) pada Rabu (10/1/2024).

Prosesi Upacara Sertijab tiga Komandan Satuan dijajaran Puspenerbal ini, digelar dengan upacara militer dengan Komandan Upacara, Dandenma Puspenerbal, Letkol Marinir Parison Renaldo Siregar di Shalter Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda.

Komandan Wing Udara 2 Juanda, diserahterimakan Kolonel Laut (P) Ma'arif yang mendapat tugas baru sebagai Direktur Personel Puspenerbal kepada Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Wing Udara 3 Baik. Komandan Wing Udara 3 Biak diserahkan Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah kepada Letkol Laut (P) Ahmad Novam yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Opslan Ditlambangja, Puspenerbal.

Sedangkan Komandan Lanudal Biak diserahterimakan Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius Virzawan yang mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Satuan Udara Armada (Dansatud) Koarmada Rl kepada Letkol Laut (P) Anang Adhi Purwonegoro yang sebelumnya menjabat Pabandya Nerbal, Ban lV Dukops dan Doktrin, Staf Operasi Mabesal.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Irpuspenerbal, Dirrenbang, Dirops, Dirlog, Dirpers, Dirlambangja, Danwing Udara 1, Danlanudal Jua dan perwira staf dijajaran Puspenerbal lainnya. Menurut Danpuspenerbal, Sertijab dilingkungan TNl AL, mengandung makna penting dan strategis ditinjau dari upaya TNl AL untuk meningkatkan kualitas kinerja organisasi.

Di satu sisi kata Danpuspenerbal, Sertijab merupakan regenerasi kepemimpinan yang diharapkan dapat membawa ide-ide  baru dan mampu menciptakan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi.

Pada sisi lainnya, Sertijab Komandan ini akan memberikan gairah semangat pembaharuan dan semangat untuk terus maju pada masing-masing personel. kesemuanya itu sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis dari waktu ke waktu.

Wing Udara 2 dan 3 sebagai satuan operasional di bawah Puspenerbal harus tetap memperhatikan safety culture pada setiap kegiatan terbang dan kerja. Sedangkan Lanudal merupakan satuan yang secara langsung melaksanakan pembinaan dukungan administrasi dan logistik bagi Pesud  TNl AL yang beroperasi di wilayahnya.

Perlu pemahaman yang baik bagi Komandan Lanudal untuk mengenali potensi ancaman yang dihadapi serta terus mengembangkan komunikasi dan koordinasi dengan instansi lain dalam menghadapi setiap permasalahan kewilayahan.

Tugas penting bagi seorang Komandan Lanudal lanjutnya, adalah mewujudkan fungsi pembinaan fasilitas pangkalan sesuai standardisasi yaitu fasilitas dukungan pangkalan yang meliputi; faslabuh, fashar, fasbek, faswatpers Bu., dan fasbinlan serta pemanfaatan aset secara tertib, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang pada muaranya untuk mendukung operasional esud. "Secara obyektif saya menilai selama ini para komandan telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, untuk itu pada momen yang baik ini, atas nama pribadi dan seluruh jajaran Puspenerbal saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi," terangnya. (hjr)

#puspenerbal