Sabtu, 14 September 2024

Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Surabaya Dilantik

Diunggah pada : 26 Agustus 2024 14:08:18 31
Wali Kota Eri Resmi Dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Surabaya

Jatim Newsroom - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, resmi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Surabaya masa bakti 2021-2026, di lobby lantai 2 Balai Kota Surabaya, Senin (26/8/2024). Pelantikan ini, bertepatan dengan puncak peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 di Kota Pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil turut melantik Pengurus, dan Lembaga Pemeriksaan Keuangan Gerakan Pramuka Cabang Kota Surabaya, masa bakti 2021-2026.

Wali Kota Eri menyampaikan terima kasih kepada Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur yang telah melantiknya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Surabaya. 

“Ini adalah amanah yang besar, dan saya siap mengemban tanggung jawab ini bersama seluruh jajaran pengurus yang baru dilantik,” kata Wali Kota Eri seusai dilantik.

Bagi Wali Kota Eri, Gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter generasi muda, terutama di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks. Pramuka mengajarkan nilai-nilai kedisiplinan, kebersamaan, tanggung jawab, dan cinta tanah air, nilai-nilai yang sejalan dengan visi pembangunan Surabaya sebagai kota yang maju, bermartabat, dan berdaya saing.

“Sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang, saya berkomitmen untuk mendukung penuh program-program Pramuka di Kota Surabaya. Saya juga berharap seluruh jajaran pengurus yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan baik, menciptakan inovasi, serta meningkatkan partisipasi generasi muda dalam kegiatan Pramuka,” ujar dia. 

Sebab, ia bersama pengurus lainnya memiliki tugas memastikan bahwa Gerakan Pramuka di Surabaya semakin kuat dan relevan dengan kebutuhan zaman. Wali Kota Eri pun mengajak untuk menjadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah yang mampu mencetak generasi muda yang unggul, tangguh, dan siap menghadapi masa depan.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil turut melantik Pengurus, dan Lembaga Pemeriksaan Keuangan Gerakan Pramuka Cabang Kota Surabaya, masa bakti 2021-2026.

“Saya berharap Gerakan Pramuka bisa terus menjadi mitra strategis pemerintah kota dalam pembangunan, terutama dalam bidang pendidikan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat. Saya percaya, melalui kegiatan-kegiatan yang positif, kita bisa menciptakan generasi muda Surabaya yang kreatif, inovatif, serta peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya,” ujar dia. 

Seusai pelaksanaan pelantikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Upacara Hari Pramuka ke-63 tahun 2024, di Halaman Balai Kota Surabaya. Wakil Wali Kota Surabaya, yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Surabaya, Armuji memimpin jalannya upacara.

Dalam sambutannya, Wawali Armuji menyampaikan terima kasih atas konsistensi Gerakan Pramuka dalam membentuk anggota-anggota Gerakan Pramuka yang berjiwa Panca Sila, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Semangat ini sejalan dengan tema Hari Pramuka ke-63 tahun ini, yaitu “Pramuka Berjiwa Panca Sila Menjaga NKRI”.

“Pendidikan kepramukaan merupakan salah satu pendidikan non formal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri, pengendalian diri, dan kecakapan hidup, untuk melahirkan kader penerus perjuangan Bangsa dan Negara,” kata Wawali Armuji. 

Ia menjelaskan, Gerakan Pramuka adalah wadah yang tepat untuk pengembangan karakter generasi muda. Gerakan Pramuka memberikan life skill, soft skill, dan hard skill. Selain itu, Gerakan Pramuka juga dilengkapi dengan materi Kecerdasan SESOSIF, yaitu Kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik, yang membentuk postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk Bangsa Indonesia.

​Sebagai organisasi pendidikan non formal, dalam realitanya Gerakan Pramuka juga berperan aktif dalam bidang-bidang lainnya, seperti terlibat dalam kegiatan SAR (Search and Rescue) dan penanganan bencana. Gerakan Pramuka juga aktif dalam berbagai kegiatan peduli lingkungan, turut andil dalam mewujudkan ketahanan pangan, hingga mengembangkan program kewirausahaan dalam rangka berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional.

“Pada momen Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 ini, saya mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Surabaya, untuk membangun sinergitas dan kolaborasi, untuk memajukan Gerakan Pramuka pada saat ini dan pada masa yang akan datang,” tutup Armuji. (her/s)

#pemkot surabaya