Kamis, 13 Juni 2024

Kepala Diskop UKM Jatim Harap Ponpes Perkuat Jaringan dan Tingkatkan Kualitas

Diunggah pada : 13 November 2023 17:22:03 20
Kepala Diskop UKM Jatim berharap Pondok Pesantren Memperkuat Jaringan dan Tingkatkan Kualitas. Sumber Foto: Diskop UKM Jatim

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop UKM Jatim), Andromeda Qomariah berharap pondok pesantren hendaknya terus membangun jaringan, memperkuat jaringan yang sudah ada, serta meningkatkan kualitas SDM, produk, dan jaringan pemasaran. 

Selain itu, kewajiban sertifikasi halal bagi produk makanan minuman juga diharapkan bisa menjadi peluang bagi pondok pesantren. “Ini adalah satu langkah ke depan karena dengan produk-produk halal yang dihasilkan pondok pesantren akan menjadi suatu kekuatan,” jelas Andromeda seperti dipublikasikan dalam laman resmi Diskop UKM Jatim (13/11/2023). 

Ke depannya, Andromeda berharap agar produk-produk OPOP itu akan masuk ke dalam hotel, tempat-tempat wisata, dan juga melaksanakan business matching dengan berbagai perusahaan. 

Maka, untuk menguatkan dan menjaga 3K (kualitas, kuantitas, dan kontinuitas) dari produk OPOP itu, kemitraan dan kolaborasi tetap harus dilakukan dan dipupuk agar dapat terjalin dengan baik,” imbuh Andromeda.

Ia pun menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan terus berupaya untuk melakukan monitoring atas tindak lanjut transaksi yang terjadi serta akan melakukan evaluasi atas pelaksanaan OPOP EXPO 2023. Dengan demikian, OPOP EXPO di tahun berikutnya bisa menjadi kegiatan yang jauh lebih baik dari sisi konten acara, transaksi, dan outcome yang dihasilkan.

Tak lupa, Kepala Andromeda mengapresiasi kegiatan OPOP Expo 2023 karena dari tahun ke tahun pesertanya semakin banyak dan beragam.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan salah satu tujuannya agar produk-produk pesantren lebih dikenal secara luas oleh Masyarakat. Hal ini karena produk-produk pondok pesantren tidak kalah kualitasnya dengan produk-produk pelaku UMKM lainnya maupun pelaku-pelaku usaha lainnya. Ini tentu menjadi salah satu upaya kita semua bagaimana kita ke depan untuk terus membangun dan melakukan penguatan terhadap ekosistem pondok pesantren melalui OPOP,” kata Andromeda. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #OPOP #pondok pesantren