Sabtu, 27 April 2024

Kendalikan Inflasi, Lamongan Gelar Operasi Pasar Murah

Diunggah pada : 17 November 2023 13:22:44 25
Sumber foto: Dok. Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Layanan pasar murah atau operasi pasar murah yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Lamongan, Jumat (17/11/2023) di Alun-Alun Kabupaten Lamongan, disambut baik oleh masyarakat.

Sesuai dengan tujuan diadakannya operasi pasar murah di seluruh wilayah Jawa Timur, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mengungkapkan operasi pasar akan membantu mengendalikan inflasi dan mengatasi kelangkaan bahan pokok di Kabupaten Lamongan.

"Layanan pasar murah sangat membantu masyarakat, terutama ibu-ibu dalam memenuhi kebutuhan pokok yang saat ini sedang naik," tutur Pak Yes saat membuka operasi pasar murah.

Diterangkan oleh Kepala UPT Perlindungan Konsumen Bojonegoro Disperindag Provinsi Jawa Timur, Mohammad Tauchid, operasi pasar akan digelar sampai akhir tahun di wilayah Jawa Timur. Hal yang mendasari gencarnya operasi pasar ialah tingginya harga komoditas di Jawa Timur melampaui standar harga Nasional.

"Kami gelar OPM bertujuan untuk menjaga ketersediaan barang dengan harga yang tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah. Karena saat ini harga komoditas di Jatim melampaui patokan dari Kementerian. Seperti pada komoditas beras menduduki angka 13 ribu lebih," terang Tauchid.

Selanjutnya, Tauchid menyampaikan adanya lonjakan harga di seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk Lamongan dikarenakan adanya kondisi El Nino yang menyerang. Dari fenomena tersebut akan berdampak pada gagal panen.

Operasi pasar kali ini menyediakan 2,5 ton beras dengan harga 10.200/kg (pembelian maksimal 2 karung atau 10 kg), 100 kg gula dengab harga 14 ribu/kg, 100 kg telor dengan harga 24 ribu/kg, dan 1.200 liter minyak goreng dengan harga 13 ribu/botol.

Antusias masyarakat dalam berburu bahan pokok dengan harga murah terlihat dari jumlah antrian panjang. Salah satunya ialah Novi (40) yang sudah antri sejak pukul 7 pagi. Warga dari Kecamatan Tikung itu membeli beras dan gula.

"Alhamdulillah sangat senang ada operasi pasar, karena harganya lebih murah daripada di pasar jadi meringankan masyarakat," ungkap Novi. (ghf/s)

#Kabupaten Lamongan #Operasi Pasar Murah