Sabtu, 27 April 2024

Kementerian Kominfo Gelar Networking Session HUB.ID Accelarator 2023

Diunggah pada : 5 Oktober 2023 18:27:51 49
Para peserta Network Session HUB.ID Accelarator 2023 berfoto bersama

Jatim Newsroom - Kementerian Kominfo RI menggelar program Networking Session HUB.ID Accelerator di Hotel Artotel TS Suite Surabaya, Kamis (5/10/2023).

Ketua Tim Business Matchmaking Ditjen Aptika, Luat Sihombing mengatakan program akselerasi startup digital ini bertujuan untuk mendukung terciptanya sinergi, kerja sama, dan kolaborasi antara penyedia teknologi yaitu startup digital dengan pihak pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan institusi penelitian - pendidikan melalui aktivitas business matchmaking. Peran dari pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan institusi penelitian - pendidikan menjadi sangat penting untuk saling bersinergi mengakselerasi kebutuhan transformasi digital yang menunjang proses bisnis dan peningkatan usaha dari semua pihak yang terlibat.

"Oleh karena itu, untuk mendukung sinergi startup dengan pemerintah daerah, program ini akan menyelenggarakan Networking Session di lima kota yaitu Surabaya, Semarang, Medan, Samarinda, dan Makassar. Surabaya merupakan kota pertama yang dituju sebagai target pertemuan startup dengan pemerintah daerah," terangnya.

Dijelaskan dalam kegiatan roadshow ini terpilih 25 startup yang terbagi dalam 5  vertikal bisnis yaitu Healthtech, Agritech & Fisheries, ESG Related (Cleantech, Climatetech,etc), SME Enablers & Logistic,dan Financial Technology. Dalam acara Networking Session HUB.ID setiap peserta dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan startup digital untuk saling mengenal tentang permasalahan, solusi, dan inovasi yang diusung oleh startup digital.

"Startup digital yang hadir pada Networking Session HUB.ID Accelerator 2023 Surabaya yaitu Peris.ai, Habibi Garden, Bioma, Gapai by Academix, GENN, Bizhare, CARDS, Healthpro.id, Truclimate, Cardlez, Semaaidan Soul Parking," ujarnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Jatim yang diwakili Kabid Aptika Diskominfo Jatim, Achmad Fadlil Chusni dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan Networking Session HUB. ID Accelarator 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI di Surabaya ini sehingga memberikan motivasi kepada start up di Jawa Timur. Kegiatan yang yang mempertemukan para start up dengan calon pengguna jasanya amat sangat penting untuk dilakukan. 

"Pemprov Jatim mengapresiasi kegiatan ini karena hal akan menjadi penyemangat baru bagi para start up di Surabaya dan sekitarnya untuk tidak berhenti berinovasi. Peluang untuk membuka usaha di Jawa Timur  terbuka lebar dengan pertumbuhan ekonomi Jatim tahun 2022 berada diatas nasional dan menempati peringkat kedua setelah Jawa Barat barat, bahkan secara spasial di tahun 2022, Jatim penyumbang perekonomian terbesar kedua di Pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 24,99 persen dan penyumbang terbesar kedua secara nasional sebesar 13,98 persen setelah DKI Jakarta," paparnya.

Diungkapkan, di Jawa Timur sendiri bisa terbentuk ekosistem yang kondusif untuk perkembangan start up dan pemerintah memberikan dukungan dalam bentuk forum kolaborasi lintas sektor sehingga bisa mempertemukan start up dengan instansi pemerintah, media, akademisi, lembaga keuangan dan pelaku usaha lainnya.

"Solusi-solusi praktis dari para start up ini sangat diharapkan oleh masyarakat saat ini, sehingga pelaku start up harus peka terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya, setiap masalah adalah peluang bisnis untuk dicarikan solusinya," terangnya. (pno/hjr)

#Diskominfo Jatim