Minggu, 19 Mei 2024

Kemenkominfo Bekali Pengelola Medsos Pemerintah Soal Pentingnya Potensi Viral

Diunggah pada : 11 Juli 2023 14:55:50 39
Direktoral Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Usman Kansong, S.Sos, M.Si, usia pembukaan kegiatan Bimtek dan Uji Kompetensi yang diadakan secara daring zoom dari Jogjakarta, Selasa (11/7/2023).

Jatim Newsroom- Guna meningkatkan, kinerja pranata humas di lingkungan pemerintahan, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Uji Kompetensi dengan tema "Pengelolaan Media Sosial".

Direktoral Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Usman Kansong, S.Sos, M.Si, mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan kualitas pranata humas, karena hingga saat ini pranata humas hanya sampai ahli madya. "Oleh karena itu, melalui bimbingan teknis & uji kompetensi dari hasil ini dapat dilihat, apakah kompeten atau tidak,” ujar Usman Kansong, dalam sambutan pembukaan kegiatan Bimtek dan Uji Kompetensi yang diadakan secara daring zoom dari Jogjakarta, Selasa (11/7/2023).

Sementara itu, salah satu narasumber dalam kegiatan ini adalah praktisi digital marketing, Andito Respati Giyandani mengatakan, pentingnya berkomunikasi melalui media sosial bagi institusi pemerintahan. Dikatakannya, bahwa pemerintah saat ini harus tetap mengikuti perkembangan media sosial yang baru guna mengedukasi masyarakat. “Kita harus beradaptasi dengan perkembangan media sosial yang baru, tidak hanya menggunakan Instagram, Twitter, Facebook, namun kita harus memperhatikan algoritma nya berubah atau tidak,” ujarnya. 

Ia menambahkan,  dalam penggunaan media sosial juga penting untuk mengetahui fitur -fitur dalam platform yang digunakan. Selain itu, penyampaian informasi dari pemerintah apabila hanya dalam formalitas saja maka tidak akan secara meluas khalayak mengetahuinya. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui aspek dalam potensi viral. 

Dia juga menyampaikan, potensi viral tersebut dapat diperoleh dengan mengevaluasi dan memahami apa saja yang menjadikan suatu aspek potensi viral tersebut. Sehingga hal ini bisa menjadi suatu inovasi maupun evaluasi pranata humas khususnya dalam pemerintahan. "Pranata humas harus memahami fitur-fitur platform yang digunakan serta mengetahui dan menerapkan potensi viral tersebut sebagai pengolahan media sosial pemerintah," tambahnya. (Mad/rizky/hjr)

#Bimtek Humas

Berita Terkait