Minggu, 19 Mei 2024

Kecintaan Kepada Kereta Api, Railfans bantu posko di Stasiun

Diunggah pada : 28 April 2022 11:02:28 203

Jatim Newsroom-Masa angkutan Lebaran tahun 2022, yang dilaksanakan Posko mulai tanggal 22 April 2022 sampai dengan 13 Mei 2022. PT KAI melibatkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk mensukseskan dan melancarkan kegiatan tersebut. Selain itu juga dilibatkan personil bantuan luar dari TNI maupun POLRI.

Namun ada yang menarik saat berada di beberapa stasiun. Terlihat anak-anak setingkat sekolah maupun mahasiswa yang membantu pelanggan, khsusunya pelanggan lansia dan berkebutuhan khusus serta memberikan informasi kepada pelanggan.

"Kita melibatkan 3 komunitas railfans, yakni Sahabat Kereta, Sipuong, dan Malangraya +444 untuk mendukung kesuksesan saat Posko Angkutan Lebaran 2022," demikian disampaikan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022)

Sekitar 75 anggota dari komunitas railfans akan membantu pelayanan posko angkutan lebaran di 5 stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, dan Stasiun Sidoarjo.

Kegiatan yang mereka lakukan antaralain melakukan pengawasan protokol kesehatan, membantu memberikan informasi seputar jadwal KA, aturan perjalanan dengan KA, hingga posisi kereta yang tertera di tiket."Kami salut dengan kegigihan mereka yang ikut mendukung KAI dalam mensukseskan angkutan lebaran 2022. Dengan keikhlasan, sukarela, beramal membantu kelancaran mudik pelanggan KA," tambahnya.

Keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan di PT KAI tidak hanya even Angkutan lebaran saja. Namun juga pada posko Nataru, acara sosialisasi keselamatan di perlintasan serta kegiatan lainnya.

Salahsatu anggota komunitas yang menjalani posko, Yan Ari menyampaikan alasan mengikuti kegiatan ini didasari kecintaannya pada kereta api. "Kami ingin kereta api semakin dicintai masyarakat," ungkapnya.

Selain komunitas, keterlibatan Pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselamatan serta keamanan perkeretaapian sangat diperlukan, untuk mewujudkan perjalanan kereta api yang selamat, nyaman, dan sehat.(hjr)

#PT KAI