Selasa, 7 Mei 2024

Kapolda Jatim : Sopir Bus Kecelakaan Maut di Tol Mojokerto - Surabaya Berpotensi Tersangka

Diunggah pada : 17 Mei 2022 12:07:01 43
Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta

Jatim Newsroom - Sopir bus pariwisata maut di Tol Mojokerto - Surabaya berpotensi menjadi tersangka. Hal ini disampaikan Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Nico Afinta terkait hasil analisis dan pemeriksaan sementara sejumlah saksi.

"Kami sedang melakukan pemeriksaan terhadap pengemudi bus tersebut karena ada informasi pengemudi mengantuk dan kemudian menabrak tiang reklame yang menyebabkan banyak korban. Kami pastikan yang bersangkutan (sopir) mengakui mengantuk," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta di Mapolda Jatim, Senin (16/5/2022).

Jenderal bintang dua ini menyampaikan duka cita yang mendalam atas peristiwa tragis tersebut. Pihaknya akan menemui pihak korban dan melakukan pendataan agar mendapatkan perawatan secara maksimal.

Terkait penetapan tersangka, Nico menyatakan bahwa, sopir berpotensi menjadi tersangka. Sebab, karena kelalaiannya, menyebabkan banyak korban meninggal dunia. "Betul (sopir berpotensi menjadi tersangka)," katanya.

Sebagai pimpinan tertinggi kepolisian Daerah Provinsi Jatim, Irjen Pol Nico telah meminta jajaran polres yang menjadi TKP insiden kecelakaan tunggal tersebut, untuk melakukan penyelidikan secara komprehensif. Oleh karena itu, selain pihaknya sudah mengerahkan Tim DVI Biddokkes Polda Jatim untuk mengakomodasi informasi mengenai proses penanganan medis terhadap 33 orang korban yang ditangani lima rumah sakit di Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Gresik, hingga Sidoarjo.

Pihaknya sudah melakukan mekanisme penyelidikan atas insiden tersebut, dengan tetap menimbang kondisi terkini para korban yang berkenan dimintai keterangan sebagai saksi. “Kami menyayangkan hal ini, kemudian kami akan meminta keluarga korban untuk datang, untuk mempercepat prosesnya. Untuk yang sedang dirawat kami akan pastikan mereka akan dirawat dengan baik dari RS,”pungkasnya.

Diketahui, bus pariwisata Ardiansyah S 7322 UB menabarak tiang reklame di KM 712-200 Tol Jombang-Surabaya. Akibat kecelakaan ini bodi bus hancur. Tak hanya itu, 15 penumpang juga tewas dan belasan lainnya luka berat. Peristiwa tragis ini bermula saat Bus Ardiansyah Nopol S 7322 UW berangkat dari Yogyakarta tujuan Surabaya melaju dengan kecepatan sedang di lajur lambat. Saat tiba di KM 712+200 /A, kendaraan oleng ke kiri dan menabrak tiang reklame di pinggir bahu jalan tol sehingga terguling. (pca/hjr)

#Kapolda