Minggu, 5 Mei 2024

Kapolda Jatim : Ledakan di Bangkalan Diduga Mortir

Diunggah pada : 30 Desember 2023 9:33:37 332
Kapolda Jatim, Irjen Pol Pol Imam Sugianto. (Dok. Humas Polda Jatim)

Jatim Newsroom - Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto menduga Insiden ledakan dahsyat di Desa Banyu Ajuh, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur Jumat (29/12/2023) pagi berasal dari mortir atau peluru kendali.

Ledakan itu menyebabkan satu orang warga Kampung Bedak Timur, Desa Banyu Ajuh bernama Gugus, 55, meninggal dunia. “Ledakan mortir. Bengkel itu tempat pengumpul besi bekas. Pemilik bengkelnya itu pada saat menggergaji mortirnya mungkin di dalam besi, kemudian digergaji, mungkin mau dipotong-potong. Tiba-tiba muncul percikan ada asap disiram asapnya masih mengepul tiba-tiba lari, begitu lari meledak," kata Kapolda Jatim dikonfirmasi, Sabtu (30/12/2023).

Selain menelan korban jiwa, dampak dari ledakan tersebut membuat enam bangunan mengalami kerusakan parah dan lima lainnya luka-luka. Imam mengungkapkan, ledakan yang terjadi cukup besar. Bahkan serpihan dari ledakan rersebut ditemukan hingga jarak 500 meter. “Temuan serpihanya itu ada sampai jarak 500 meter. Itu Mortir sepertinya zaman perang yang bentuknya kayak timun itu lah," ujarnya.

Kapolda Jatim mengimbau kepada masyarakat bila menemukan mortir yang terlihat bekas peninggalan perang supaya tidak disentuh apalagi dibongkar. “Saya mengimbau ke masyarakat kalau ada temuan mortir itu kan mortir bahan peledak, bisa yang masih aktif. Kita tidak tahu apakah sudah diledakan atau belum,”pungkasnya. (Pca/hjr)

 

#Polda Jatim #Kapolda Jatim