Jumat, 14 Juni 2024

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto Disambut Tari Beskalan Asal Malang

Diunggah pada : 30 Oktober 2023 19:07:45 2626
Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto tradisi pedang pora saat datang di Mapolda, serta disambut Tari Beskalan Asal Malang. (Pca)

Jatim Newsroom  - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur resmi berganti, dari Irjen Pol Toni Harmanto ke Irjen Pol Imam Sugianto. Kedatangan Irjen Pol Imam Sugianto beserta istri di Markas Polda Jatim disambut oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan dan Pejabat Utama Polda Jatim serta pasukan dari TNI-Polri, mulai dari Pedang Pora hingga kesenian tari tradisional, pada Senin (30/10/2023).

Tradisi penyambutan pucuk pimpinan ini selalu dilakukan di institusi mana saja, tak terkecuali institusi Polri. Kali ini penyambutan itu dilakukan di Polda Jatim untuk menyambut Kapolda yang baru yaitu Irjen Pol Imam Sugianto beserta istri Ny. Ade Imam Sugianto memasuki Markas Polda Jatim.

Kemeriahan penyambutan Kapolda Jatim ini sangat terasa, pasalnya selain disambut oleh seluruh personil Polda Jatim, ASN dan TNI-Polri dengan nyanyian penyambutan, pedang pora dan tarian tradisional Jawa Timur juga turut menyambut kedatangan Kapolda Jatim yang baru dilantik ini.

Selain kesenian Reog Ponorogo dan tarian Garuda, tari Beskalan Putri Malang yang merupakan salah satu aset kebudayaan seni tari khas kota Malang juga turut memeriahkan penyambutan. Tari Beskalan Putri ini secara khusus disiapkan dalam penyambutan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, yang juga merupakan asli putra daerah dari Malang.

Seperti yang disampaikan Ragil Alfan Ketua Sanggar Tari Gong Prada, yang juga turut membantu menyusun rangkaian Penyambutan ini. Ia mengatakan tarian ini sengaja di sajikan untuk Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto.

"Tari Beskalan dari Malang, cuman kita memang tidak menggunakan kostum asli dari Malang, karena memang permintaannya dari Bapak Kapoldanya seperti itu. Mintanya memang di kreasikan dan dibikin semenarik mungkin untuk acara ini," jelasnya.

Ragil menambah, tarian Beskalan ini memang tarian untuk penyambutan tamu. Sedangkan tarian cucuk lampah yang di bawakan penari dengan kostum Garuda, ini meeupakan filosofi dari Pancasila. "Kalo kesenian Reog Ponorogo sendiri tujuannya untuk menunjukkan keragaman kesenian yang ada di Jawa Timur," pungkasnya. (pca/hjr)

#Polda Jatim #Kapolda Jatim