Rabu, 8 Mei 2024

Kaper BKKBN Jatim Ikuti Giat Sarapan Bergizi Keluarga di Palembang Dalam Rangka Peringatan Harganas ke 30

Diunggah pada : 5 Juli 2023 15:50:05 22

Jatim Newsroom - Maria Ernawati Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Nasional Provinsi Jawa Timur mengikuti Kegiatan Gerakan Kembali ke Meja Makan (Sarapan Bergizi Keluarga). Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Keluarga NasionalHarganas ke 30, di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Rabu (5/7/2023).

“Peringatan Harganas ke 30 pada 6 Juli 2023 digelar di Provinsi Sumatera Selatan. BKKBN Jatim berperan aktif mensukseskan Harganas ini dengan mengikuti serangkaian kegiatan salah satunya kegiatan Sarapan Bergizi Keluarga yang digelar pagi ini,” terang Maria Ernawati, Rabu (5/7/2023)

“Sarapan Bergizi Keluarga berguna untuk meningkatkan kebersamaan sesama anggota keluarga, meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga, dan
membantu menanamkan nilai-nilai luhur tradisi keluarga Indonesia,” terang Maria Ernawati.

Dikatakan Erna, BKKBN menyadari keluarga sangat penting untuk mencegah adanya stunting. Dalam mengembangkan dan membentuk keluarga yang berkualitas, BKKBN juga mengembangkan 8 fungsi keluarga.

Pertama, fungsi agama, orang tua memiliki peranan dalam pendidikan agama bagi anaknya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua fungsi sosial, dimana pentingnya menanamkan nilai-nilai sosial dan budaya yang baik bagi anak-anak. Fungsi cinta dan kasih sayang, dimana pertumbuhan dan perkembangan anak tidak akan pernah terlepas dari pengaruh cinta dan kasih dalam keluarganya,” terang Maria Ernawati.

Maria Ernawati juga menerangkan, fungsi keempat adalah fungsi perlindungan dimana seorang anak memerlukan rasa aman dalam keluarganya serta dapat belajar memperbaiki atas kesalahan yang terjadi. Kelima, Fungsi reproduksi, fungsi atas kebutuhan biologi/sexual seorang individu kepada individu lainnya yang telah legal secara hukum dan agama.

Adanya fungsi pendidikan, yaitu keluarga memilki peran untuk mendidik anak sejak dini hingga menjadi dewasa dan bermanfaat bagi keluarga, agama, nusa dan bangsa, dan fungsi ekonomi, keluarga menjadi sarana yang baik untuk pemenuhan kebutuhan hidup anggota keluarga. Dan fungsi lingkungan, keluarga sebagai cerminan bagi seseorang untuk beradaptasi dalam lingkungan serta berkontribusi dalam pembinaan lingkungan di sekitarnya. (her/s) 

#bkkbn