Kamis, 9 Mei 2024

KAL Sembulungan II-5-42 Perkuat Armada Perang RI di Jajaran Lantamal V

Diunggah pada : 20 Maret 2024 20:23:48 77

Jatim Newsroom- Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V kembali menambah alutsista Armada Perang Republik Indonesia (RI) yang akan memperkuat Satuan Patroli (Satrol) Keamanan Laut di jajaran Lantamal V yang bernama KAL Sembulungan II-5-42, Rabu (20/3/2024)

Dalam kesempatan tersebut Komandan Pangkalan Utama TNI Al (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S. H., M. Han., berkesempatan berkunjung ke KAL Sembulungan II-5-42  didampingi Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik, M. Tr. Hanla., M.M., dan di sambut Komandan KAL Sembulungan Lettu Laut (P) Riyanto.

Danlantamal V menyampaikan, bahwa diharapkan KAL Sembulungan II-5-42 dapat berfungsi sebagai Kapal Patroli mendukung kegiatan-kegiatan operasi pada situasi damai maupun perang serta responsif terhadap segala bentuk penegakan hukum dilaut dan memiliki kemampuan dalam melaksanakan setiap tugas untuk negara dan bangsa.

"Semoga dengan keberadaan KAL Sembulungan II-5-42 di jajaran Lantamal V Surabaya dapat memperkuat alutsista dalam menjaga wilayah kerja Lantamal V,” ujar Danlantamal V.

Untuk diketahui, KAL Sembulungan II-5-42 ini merupakan salah satu jenis Kapal yang memiliki panjang 28 meter, lebar 6,20 meter dengan kecepatan maksimum 28 knot, di perkuat dengan 1 unit Meriam 20 mm dan 2 Unit Meriam 12,7 mm, serta diproduksi oleh PT. Citra Shipyard Batam. (hjr)

#lantamal v