Rabu, 1 Mei 2024

Kajian Ramadhan : Qonaah Ciri Insan Bertaqwa

Diunggah pada : 1 April 2023 23:18:51 131
Ustadz Dr. H. Mujahid Anshori saat memberikan kajian Ramadan di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur Jl. Raya Dukuh Kupang Surabaya, Sabtu (1/4/2023) sore.

Jatim Newsroom - Kajian Ramadan yang digelar rutin menjelang buka puasa di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur Jl. Raya Dukuh Kupang Surabaya, Sabtu (1/4/2023) sore, menghadirkan narasumber Ustadz Mujahid Anshori. 

Dihadapan jamaah di masjid yang baru diresmikan oleh Gubernur Khofifah tersebut, Ustadz Mujahid Anshori memberikan tausiyah tentang Qonaah yang menjadi salah satu ciri orang yang bertaqwa. 

"Qonaah artinya orang yang ridho terhadap apa  dari diberikan Alloh Subhanallahu Wata'ala, tidak mengeluh atas pemberian - rezeki banyak atau sedikit, diberi jabatan atau tidak, tetap ridho. Sifat Qonaah ini salah satu ciri dari orang bertaqwa," pesan Ustadz Mujahid Anshori.

Dipaparkan oleh dai yang juga politisi tersebut, sifat Qonaah ini mesti dimiliki oleh seseorang, dengan demikian hidupnya bisa tenang dan tidak mengambil sikap kontra produktif terhadap realitas apa yang terjadi karena ini adalah ketentuan dari Allah Subhanallahu Wata'ala. Jika seseorang tidak bersandar dari sifat orang bertaqwa ini maka bisa terjebak dalam sikap putus asa bahkan bisa sampai bunuh diri dengan beragam latar belakang motivasi seperti gagal dalam cita - cita atau persoalan hidup lainnya. Secara global, dunia ini sedang menghadapi krisis yang berdampak terhadap kehidupan.

"Di dunia saat ini dihadapkan 3 ancaman yaitu krisis pangan, energi dan inflasi. Dan kita bersyukur saat ini di Indonesia tidak terjadi krisis tersebut, semuanya bisa diatasi berbeda dengan beberapa negara lain di dunia ini," terangnya. 

"Kuncinya kita bersyukur terhadap pemberian Allah Subhanallahu Wata'ala. Secara empiris ditemukan orang yang selalu berterima kasih juga hidupnya positif. Marilah di bulan Ramadhan ini kita tanamkan sifat Qonaah," imbuhnya. (pno/n)

 

#Qonaah Sifat orang bertaqwa

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait