Kamis, 9 Mei 2024

Kajian Islamic Center, Tiga Doa Malaikat Jibril di Akhir Ramadan

Diunggah pada : 14 April 2023 10:42:49 968
Masjid Islamic Center Surabaya

Jatim Newsroom - Jelang akhir ramadan setiap muslim yang beriman sangat dianjurkan untuk saling meminta maaf, khususnya kepada orang tua. Sebagaimana doa Rasulullah SAW yang diamini oleh Malaikat Jibril.

Ustad Achmad Faisol Syaifullah menjelaskan ada tiga doa yang Malaikat Jibril yang diamini oleh Rasullullah, pertama, Allah tidak menerima amal ibadah di bulan Ramadan jika diakhir ramadan tidak meminta maaf pada orang tuanya. "Kedua, Allah tidak akan menerima amal ibadah di bulan Ramadan jika seorang istri tidak meminta maaf suami atau seorang suami tidak memberi maaf istri,"jelasnya dalam Acara Kajian Jelang Berbuka, di Masjid Islamic Center Surabaya, Kamis (13/4/2023).

Dan yang ketiga, Allah tidak akan menerima amal ibadah di bulan ramadan jika sampai di akhir ramadan sesama saudara tidak salin memaafkan, " Audzubillahimindzalik, jangan sampai kita masuk dalam golongan orang-orang tersebut,"tambahnya.

Ustad Faisol juga mengungkapkan, pesan Rasulullah dalam satu hadist tentang keutamaan ramadan bahwa ramadan sungguh bulan agung dan penuh berkah telah menaungi kalian. Bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.Pada bulan itu, Allah menjadikan puasanya sebagai suatu kewajiban dan qiyam atau salat di malam harinya sebagai ibadah sunah. Siapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebajikan, maka nilainya sama dengan mengerjakan kewajiban di bulan lain.

Siapa yang mengerjakan suatu kewajiban dalam bulan Ramadan tersebut, maka sama dengan menjalankan tujuh puluh kewajiban di bulan lain.Ramadan itu adalah bulan kesabaran sedangkan ketabahan dan kesabaran, balasannya adalah surga. Ramadan adalah bulan pertolongan. Pada bulan itu rezeki orang-orang mukmin ditambah.

Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa di bulan itu, maka ia akan diampuni dosanya, dibebaskan dari api neraka. Orang itu memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tersebut. Sedangkan pahala puasa bagi orang yang melakukannya, tidak berkurang sedikit pun. Para sahabat kemudian bertanya, Wahai Rasulullah, tidak semua dari kami memiliki makanan untuk berbuka untuk diberikan kepada orang lain.

Rasulullah menjawab, Allah memberikan pahala kepada orang yang memberikan sebutir kurma, atau seteguk air, atau seteguk susu. Dialah Ramadan, bulan yang permulaannya dipenuhi dengan rahmat, periode pertengahannya dipenuhi dengan ampunan, pada periode terakhirnya merupakan pembebasan manusia dari azab neraka.

Barang siapa yang meringankan beban pekerjaan pembantu-pembantu rumah tangganya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan membebaskannya dari api neraka. (mad/hjr)

 

#Islamic Center

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait