Kamis, 2 Mei 2024

Kadiskominfo Jatim : Media dan Pemerintah Harus Adpatif di Tengah Disrupsi Informasi

Diunggah pada : 12 Desember 2023 18:13:30 36
Kepala Dinsa Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadiskominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin, mengatakan, media dan pemerintah harus adaptif di tengah disrupsi informasi. 

Sherlita menjelaskan, media dan pemerintah juga harus berkembang menjadi media yang konvergen dengan menggunakan multiplatform. 

“Media cetak dan media penyiaran harus memiliki platform digital untuk dapat terus dipercaya dan diminati masyarakat,” ujar Sherlita dalam paparan pada kegiatan Government Public Relation Academy, minggu lalu. 

Hal tersebut ditekankan Sherlita, karena berdasarkan sumber data dari Kemenkominfo RI, pada tahun 2023 ini sumber berita yang paling dipercaya masyarakat adalah televisi nasional dengan presentase 43,5%, kemudian disusul oleh media sosial dengan persentase 30,8%, dan urutan terakhir adalah website pemerintah yang memiliki persentase sebesar 10,1%. 

“Selain itu, berdasarkan dari Indeks Literasi Digital Kemenkominfo RI Tahun 2022, media sosial adalah media yang paling banyak diakses masyarakat dengan persentase 72,6%, media televisi 60,7%, berita online 27,5%, dan website pemerintah hanya sebesar 14%,” papar Sherlita. 

Maka, supaya website  pemerintah banyak diakses masyarakat, Sherlita menjelaskan, pemerintah harus memiliki beberapa metode manajemen media sosial yang baik. 

“Manajemen media sosial itu yakni, informasi akurat sesuai fakta dan data, jika tidak mempunyai jawaban tepat, janjikan akan menginformasikan lebih lanjut. Lalu, tanggapi dengan cepat, hindari konfrontasi jangan abaikan keluhan dan masalah, gunakan bahasa yang sopan dan profesional, serta pantau komentar dan umpan balik dari netizen,” terang Sherlita, mengutip paparannya, Selasa (12/12/2023). 

Sherlita menyebutkan, produk pengelolaan media sosial dan website pemerintah meliputi, infografik, news atau berita, foto berita, video berita, dan majalah. 

“Contoh produk infografik yang dimiliki Dinas Kominfo Jatim adalah postingan  flyer di akun instagram Dinas Kominfo Jatim yakni @kominfojatim. Selain itu, contoh produk berita yang dimiliki Dinas Kominfo Jatim ialah berita-berita yang biasanya dipublikasikan di website kami di jatimprov.go.id dan kominfo.jatimprov.go.id. Kami juga memiliki produk majalah dengan judul Potensi,” sebutnya. (vin/s) 

#Diskominfo Jatim #Kadiskominfo Jatim