Minggu, 25 September 2022

Kadis Kominfo Jatim Terima Kunjungan Tim Sistem Informasi Kemenpora RI

Diunggah pada : 11 Agustus 2022 12:59:40 156
Kunjungan Kerja Tim Bagian Sistem Informasi Kemenpora RI, Kamis (11/8/2022) di kantor Diskominfo Jatim

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadis Kominfo Jatim), Hudiyono menerima Kunjungan Kerja Tim Bagian Sistem Informasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Kamis (11/8/2022) di kantornya.

Hudiyono menjelaskan 2 (dua) strategi utama yang ditempuh Diskominfo Jatim terkait pengelolaan informasi dan dokumentasi. “Strategi pertama adalah memastikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE, alhamdulillah sudah ada 348 paket aplikasi. Strategi kedua adalah memastikan Satu Data Jatim. Kunci utamanya adalah transparansi dan memanfaatkan sinergi dengan Kelompok Informasi Masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan terkait,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa terkait bidang olahraga, Provinsi Jawa Timur juga siap mendukung Kemenpora RI untuk menuju Indonesia Bugar di tahun 2045 sesuai dengan konsep Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Apalagi, dengan posisi Kadis Hudiyono sebagai Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat (KORMI) Jatim.

“Salah satu kunci utama suksesnya Indonesia Bugar 2045 juga di pelayanan informasi Kemenpora, di tempat Bapak/Ibu sekalian. Kita di sini juga sedang berupaya membangun peradaban olahraga dengan tidak meninggalkan nilai-nilai tradisional. Mohon Kemenpora juga bisa menguatkan kami dan bisa saling bekerja sama,” imbuh Hudiyono.

Sementara Kepala Bagian Sistem Informasi, Biro Humas dan Hukum, Kemenpora RI, Nuristya Agus Lesmana yang hadir bersama 11 orang timnya memaparkan tentang pengelolaan informasi dan dokumentasi di Kemenpora RI. Mulai dari website PPID, fitur aplikasi permohonan informasi secara online, aplikasi manajemen tamu dan survey kepuasan, hingga ruang PPID.

“Pada prinsipnya, kehadiran kami di sini untuk saling berbagi tentang bagaimana mengelola informasi dengan teknologi digital. Apalagi keingintahuan publik akan informasi itu begitu besar, mulai dari pengelolaan anggaran, implementasi program, infrastruktur, bahkan data pribadi seorang pejabat. Kami juga butuh menimba ilmu dari Kominfo Jatim, setelah sebelumnya kami sudah mendatangi Kominfo Jateng dan Yogyakarta,” ungkapnya. (idc/n)

#Diskominfo Jatim #kemenpora #layanan informasi dan dokumentasi #PPID