Minggu, 29 Januari 2023

Kadis Kominfo Jatim : Bangun SDM di Era Digital, Harus Terdapat Nilai Kepahlawanan

Diunggah pada : 4 November 2022 15:35:43 14
Kepala Diskominfo Jatim pada acara Talkshow Hari Pahlawan dalam Kebhinekaan Berbangsa di Surabaya, Jumat (4/11/2022). Foto: Ghufron/JNR

Jatim Newsroom - Di era teknologi digital yang berkembang pesat saat ini, menuntut pemerintah untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas secara dini, terintergrasi dan berkesinambungan. Upaya ini merupakan bagian dari menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada para generasi penerus.

"Di dalam sistem pembangunan SDM, di dalamnya harus terdapat nilai-nilai kepahlawanan. Apalagi di era teknologi digital yang berkembang begitu cepat seperti saat ini," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Hudiyono, saat mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di acara Talkshow Hari Pahlawan dalam Kebhinekaan Berbangsa di Surabaya, Jumat (4/11/2022). 

"Ekosistem teknologi dan sosial saat ini sudah bagus, tapi kita juga harus memperhatikan fighting spirit kepahlawanan dalam upaya membangun SDM. Kita perlu tanamkan juga lewat sentuhan konten-konten edukasi digital," imbuh Hudiyono. 

Terkait tagline Optimis Jatim Bangkit, menurut Hudiyono, juga tidak lepas dari semangat kepahlawanan. "Selama beberapa tahun terakhir menghadapi pandemi Covid-19, kita juga dikuatkan oleh semangat dan nilai-nilai kepahlawanan dalam diri masing-masing untuk berjuang membawa Jatim keluar dari krisis selama pandemi," ungkapnya. 

Hudiyono pun mengimbau agar semangat juang masyarakat Jatim terutama generasi penerus selalu ditanamkan dengan diiringi daya kreativitas dan inovasi. Tak hanya itu, sinergi dan kolaborasi dari seluruh elemen strategis di Jatim juga menjadi hal terpenting. 

"Harus ada semangat. Harus ada inisiasi. Harus ada inovasi. Kebhinekaan itu artinya kolaborasi, kita tidak bisa sendiri seperti filosofi sapu lidi. Untuk bisa membersihkan, kita harus bersatu dan bergerak bersama. Strategi itu yang juga kita tanamkan dalam kegiatan ini," tegas Hudiyono. 

Hudiyono pun mengajak seluruh audiens untuk meneruskan perjuangan dan mempertahankan prestasi Jatim di tingkat nasional sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi, penurunan kemiskinan tertinggi, dan ekspor antarpulau tertinggi. (idc/s)

#Diskominfo Jatim #hari pahlawan #pembangunan SDM