Selasa, 7 Mei 2024

Kabupaten Pasuruan Gelar Upacara Hari Pahlawan 2023 di Kemenag

Diunggah pada : 10 November 2023 14:28:01 16
Ratusan Pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan penuh semangat dan khidmat mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, Jumat, (10/11/23).

Jatim Newsroom- Ratusan Pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan penuh semangat dan khidmat mengikuti pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, Jumat, (10/11/2023). Upacara di langsungkan di halaman Kantor yang beralamat di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 5 Kelurahan Pekuncen – Kota Pasuruan ini diikuti oleh jajaran pejabat Kemenag, ASN Induk, Pengawas Madrasah dan PAI, Kepala KUA serta pegawai PPPK.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Plt. Kasubbag TU (H. Bakhrul Ulum), Pemimpin upacara Pelaksanan Humas Kemenag (Moh. Muhaimin), Pembaca UUD ’45 Penyuluh Agama Fungsional (Muzanah), ajudan Kepala KUA Kec. Tosari (M. Rofik), pembaca UUD ’45 Kasi PD. Pontren (H. Yusuf Widodo) serta pembawa acara Tuchfah Syafaatul Muniroh (Penyuluh Agama Fungsional).

Mengawali sambutannya, Plt. Kasubbag TU mengulas secara singkat akan pentingnya melaksanakan peringatan Hari Pahlawan Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 10 November di setiap tahunnya.

Menurutnya, Momentum Peringatan Hari Pahlawan Nasional hendaknya dijadikan sebagai penguatan bagi generasi penerus bangsa kedepannya agar senantiasa menjaga NKRI secara bersama sama dengan saling menghormati, menjaga kebersamaan dan kerukunan antar agama, suku,bahasa, budaya dan ras demi kondusifitas kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI harga mati.

“Perlu kami garis bawahi, hendaknya momentum peringatan hari pahlawan nasional kita jadikan sebagai momentum penguatan bagi generasi penerus bangsa untuk senantiasa mengingat jasa dan pengorbanan para pahlawan untuk memperjuangkan dan mempertahankan bangsa kita tercinta. Disini, tugas kita adalah senantiasa menjaga dan merawat perjuangan para pahlawan dengan cara menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia,” tegas H. Bakhrul Ulum, Plt. Kasubbag TU.

Ia juga secara singkat mengingatkan kepada ASN Kantor Kementerian Agama Kab. Pasuruan untuk lebih bijaksana dan menjaga netralitas dalam tahun politik saat ini.

“Hendaknya ASN Kementerian Agama mampu bersikap sportif, bijaksana, berhati hati dan tetap junjung tinggi netralitas sebagai ASN menyikapi tahun politik, lebih – lebih ASN Kemenag mampu menjadi uswah yang baik untuk lainnya. Dan juga akan pentingnya memperhatikan sikap, pose dan gaya dalam mengekspresikan sesuatu jangan sampai melebihi batas dan bahkan lebih – lebih melanggar, tegas Pak Bah, sapaan akrab Plt. Kasubbag TU.

Tak lupa ia mengingatkan kembali akan maksut dan tujuan peringatan hari pahlawan nasional. Menurutnya. “Peringatan hari pahlawan nasional adalah untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan,” terangnya.

Terahir, Plt. Kasubbag TU yang SK definitnya sebagai Kasi Bimas Islam inipun mengutip sedikit akan tujuan diadakannya peringatan hari pahlawan nasional. “Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, dan meningkatkan rasa cinta dan bangga sebagai bangsa dan negara Indonesia merupakan beberapa contoh tujuan dilaksanakannya acara ini,” tutupnya. (mad/hjr)

 

#Kemenag