Sabtu, 14 September 2024

Kabupaten Bangkalan Terpilih Program Membangun Desa Cerdas

Diunggah pada : 27 Oktober 2022 14:00:07 172
Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangkalan.

Jatim Newsroom - Setelah terpilih menjadi salah satu kabupaten sasaran program Membangun Desa Cerdas, Pemkab Bangkalan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mulai melakukan upaya untuk menggali potensi yang ada di desa.

Pemkab Bangkalan mulai menggerakkan tim Duta Digital untuk mengeksplor potensi yang dimiliki desa.

"Ada 20 Desa yang menjadi sasaran. Tim ini ditugaskan untuk menggali potensi mulai dari pertanian hingga wisata," kata Kabid Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan DPMD Bangkalan Ali Yusri Purwanto, dalam rilisnya Rabu (26/10/2022).

Tugas duta digital wajib melakukan pemetaan sesuai yang tertera di profil desa. Data itu bisa diperoleh melalui wawancara dengan kepala desa, perangkat desa, dan masyarakat setempat. Hasilnya nanti akan dientri oleh tim.

"Makanya nanti desa yang menjadi lokus, harus memiliki jaringan internet yang kuat. Sehingga, harus ada peran dan kerja sama dengan pihak penyedia untuk peningkatan jaringan internet," jelasnya.

Untuk mempercepat program Desa Cerdas, DPMD akan melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) serta bekerja sama dengan Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Adapun Desa yang menjadi lokus diantaranya Desa Telang, Banyuajuh, Kamal, Gili Anyar, Kebun, Ko'ol, Batokorongan, Bulaporah, Bumi Anyar, Tambak Pocok, Soket Laok, Sukolilo Barat, Pangpong, Jambu, Burneh, Socah, Martajasah, Gebang dan Sabiyan. (pno/n)

#DPMD Bangkalan

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait