Minggu, 16 Juni 2024

Jelang Pemilu 2024, Kapolda Jatim Harap Media Suarakan Narasi Damai

Diunggah pada : 10 Oktober 2023 13:06:21 108
Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto bersama 115 wartawan, dalam Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 di Novotel Samator Hotel, Surabaya, Selasa(10/10/2023).(foto:PWI Jatim)

Jatim Newsroom - Kapolda Jatim, Irjen Toni Harmanto meminta media bisa menyuarakan narasi damai dalam menghadapi pemilu 2024 yang tahapannya telah berjalan.

Harapan tersebut disampaikan Kapolda Jatim di hadapan 115 wartawan, dalam Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 di Novotel Samator Hotel, Surabaya, Selasa (10/10/2023).

Diskusi panel dan pelatihan itu diikuti para wartawan dari berbagai daerah di Jatim dan jajaran humas polres dan polrestabes se-Jatim secara daring. Kapolda menyatakan, anggapan bahwa bad news is good news harus dihilangkan.“Bad news is bad news. Good news is good news,” ujar Toni.

Dia berharap, media tetap menjunjung tinggi UU dan kode etik jurnalistik dalam memproduksi informasi dan berita, termasuk dalam liputan pemilu. Selain itu, Kapolda juga meminta jajaran humas polres, polresta, dan polrestabes di Jatim untuk bisa membantu media dalam menyajikan informasi yang utuh.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Lutfil Hakim mengatakan, saat ini masyarakat dibanjiri dengan informasi hoaks dan fitnah. “Dengan pelatihan ini, diharapkan informasi yang dihasilkan oleh media bisa menjadi referensi yang terpercaya, khususnya terkait pemilu,” kata Lutfil Hakim.

Ia mengatakan, produk informasi yang diproduksi lebih presisi daripada informasi liar di media sosial. “Sebab, wartawan dalam menyajikan informasi dipagari banyak aturan dan kode etik jurnalistik,” tegas pria asal Jember itu.

Dengan sinergi yang baik antara PWI Jatim dan Polda Jatim, pria yang biasa disapa Cak Item itu yakin, pemilu di Jatim akan berjalan aman, nyaman, dan lancar. Hadir dalam acara tersebut jajaran KPU Jatim, Bawaslu Jatim, dan Komite Komunikasi Digital Jatim. (mad/hjr)

 

#Polda Jatim