Sabtu, 27 April 2024

Jelang Lebaran, Harga dan Pasokan Bahan Pokok di Lamongan Stabil

Diunggah pada : 12 April 2023 12:01:58 80
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom – Sejumlah pasokan bahan pokok di Kabupaten Lamongan dipastikan stabil hingga hari raya idul fitri 1444 H. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, Anang Taufik, saat ditemui di Kantor Disperindag, Selasa (11/4/2023). 

 

“Mulai awal bulan ramadhan harga dan pasokan bahan pokok di Lamongan stabil dan ini diperkirakan akan tetap stabil hingga lebaran, cuma memang ada beberapa kenaikan selisih seribu dua ribu tidak banyak, stoknya juga masih aman tidak kekurangan,” kata Anang melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Lamongan.

 

Anang mengungkapkan, Disperindag Lamongan juga telah mengerahkan tim untuk memantau komoditi pangan melaui operasi pasar di sejumlah pasar besar maupun aplikasi Sistem Informasi Pengumpulan Data Harga Pokok (Sipuldabapok) guna stabilisasi pasokan dan harga pangan di pasaran. 

 

“Kita setiap hari juga memantau harga-harga bahan pokok di pasaran melalui aplikasi Sipuldabapok perwakilan di 27 kecamatan pasar desa di wajibkan menginput harga setiap hari, dari situ kita bisa tau dimana saja dan mana saja yang mengalami kenaikan, yang bisa kita pantau datanya perhari perminggu perbulan,” ungkapnya.

 

Dalam pemantauan terakhir, Anang menyebutkan, per tanggal 11 April terdapat berbagai komoditi yang mengalami penurunan harga dan tergolong stabil.

 

“Komoditi itu diantaranya mulai dari telur, cabai rawit merah, cabai merah, kelapa, gula pasir, daging, susu, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, sayuran, kacang-kacangan, hingga lainnya," sebut Anang. 

 

Lebih lanjut dikatakan Anang, bahwa pada beras dan minyak terjadi penipisan stok. Namun, terjadi kenaikan pada harga tomat, serta harga bandeng yang relatif masih mahal. "Meskipun demikian, Disperindag telah melakukan langkah preventif untuk memenuhi pasokan kebutuhan pangan,” tambahnya.

 

Selain itu Anang juga memaparkan, harga beras saat ini ada kenaikan, dan stok bulog tinggal 848 ton. “Tapi kita akan segera lakukan operasi pasar bersama bulog terkait beras dan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Beras atau SPHP yang di jual ke masyarakat Rp. 43.000/ 5 kg, yang kita agendakan tanggal 14 April, pada Jumat besok di Alun-Alun,” bebernya.

 

Terkait isu minyak dengan merek ‘minyakkita’, Anang menjelaskan bahwa hal ini menjadi primadona masyarakat. “Setelah dicek di lapangan memang stoknya sedang sedikit tapi untuk minyak merek lain tidak ada masalah,” ujar Anang.

 

Untuk menstabilkan dan memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan, Anang juga menerangkan bahwa Disperindag Lamongan mengadakan pasar murah seharga 90 ribu yang berisi 5 kg beras, 2 liter minyak, 2 kg gula, dan 4 pcs mie instan sebanyak 2.880 paket yang tersebar di 6 titik lokasi.

 

“Untuk memenuhi pasokan minyak dipasaran, Disperindag juga telah bekerja sama dengan distributor untuk antisipasi kelangkaan minyak yang di agandakan di 9 pasar selama satu minggu,” pungkasnya. (vin)

#lamongan #Kabupaten Lamongan #bahan pokok