Selasa, 30 April 2024

Jelang Keberangkatan Tim Kas Keliling Kepulauan 3T, Bank Indonesia Laksanakan Malam Koordinasi Kelembagaan dengan TNI AL

Diunggah pada : 28 November 2023 1:36:22 59
Bank Indonesia Jawa Timur melaksanakan Malam Koordinasi Kelembagaan dengan TNI AL di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Senin (27/11/2023) malam.

Jatim Newsroom- Jelang keberangkatan Tim Kas Keliling Kepulauan 3T (terdepan, terluar dan terpencil) menuju tiga pulau (Bawean, Kangean dan Sapeken), Bank Indonesia Jawa Timur melaksanakan Malam Koordinasi Kelembagaan dengan TNI AL di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Senin (27/11/2023) malam.

Dalam acara tersebut, Tim diberikan arahan mengenai strategi yang perlu diterapkan untuk meningkatkan pemaknaan yang tepat oleh masyarakat terhadap uang Rupiah. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Bandoe Widiarto dalam sambutannya menekankan pentingnya peran Tim dalam menyampaikan edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP Rupiah).

Kas keliling kepulauan 3T tersebut adalah bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan uang layak edar yang dirangkaikan dengan pemberian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), serta edukasi CBP Rupiah bagi masyarakat khususnya di daerah 3T. Kegiatan berlangsung dari tanggal 28 November hingga 2 Desember 2023 menggunakan KRI Surabaya 591.

Pada kesempatan itu, Tim juga diingatkan untuk menjaga kesehatan pribadi selama pelaksanaan misi. Tim berjumlah 29 orang yang terdiri dari Pejuang Rupiah dari 6 Kantor Perwakilan BI di bawah koordinasi Depo Kas Wilayah Jawa Timur (Jatim, Malang, Kediri, Jember, Bali, dan NTB), duta CBP Rupiah perwakilan perbankan dan media. 

Dengan semangat tinggi, Tim berkomitmen memberikan kontribusi maksimal dalam melaksanakan clean money policy serta memberikan edukasi CBP Rupiah guna mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah 3T tujuan.

Modal penukaran uang layak edar yang disediakan pada Kas Keliling Kepulauan 3T kali ini sebesar Rp 6,2 Miliar dengan beragam nominal sesuai yang dibutuhkan masyarakat. "Kami meyakini di wilayah Kepulauan banyak ditemukan uang yang cacat dan lusuh. Tim dengan sukarela akan menukar uang-uang tersebut pada masyarakat," katanya.

Selain melayani penukaran uang, Tim juga akan melaksanakan pemberian PSBI kepada sekolah swasta di lokasi kegiatan yang telah menyampaikan proposal kebutuhan barang berupa komputer, printer dan infokus. 

Sementara itu, Kepala Staf Operasi Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Isswarto, M.Tr.Opsla, CHRMP, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan kepercayaan yang telah diberikan Bank Indonesia kepada TNI AL guna mendukung pendistribusian uang layak edar ke seluruh wilayah kepulauan 3T khususnya di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Beliau menyambung sambutannya bahwa Koarmada II akan siap mendukung kegiatan positif BI, yaitu untuk membantu dan memudahkan bagi masyarakat Indonesia terutama yang berada di wilayah 3T dalam mendapatkan uang layak edar melalui layanan penukaran yang disediakan selama kegiatan. (jal/hjr)

#bank Indonesia