Sabtu, 27 April 2024

Jamaah Haji Kloter I Embarkasi Surabaya Resmi Diberangkatkan Oleh Sekjen Kemenag RI

Diunggah pada : 4 Juni 2022 7:52:51 106
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nizar Ali.

Jatim Newsroom - Jamaah haji kloter 1 SUB asal Kabupaten Tuban diberangkatkan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nizar Ali, pada Sabtu (4/6/2022) pagi di halaman Graha Bir Ali Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Ada empat hal yang Nizar pesankan kepada seluruh jamaah haji, pertama,  meluruskan niat ibadah haji hanya karena ridlo Alloh.

"Karena ini adalah perjalanan ritual, maka mari niatkan dalam hati batin kita  hanya karena Allloh SWT," ujar Nizar didampingi Kakanwil Kemenag Jatim, Tenaga Ahli Menteri Agama RI serta sejumlah pejabat lainnya.

Kedua, Nizar meminta kepada jamaah haji untuk bisa menggunakan waktu sebaik mungkin selama di tanah suci untuk mendapatkan ridho Alloh SWT.

"Tahun ini kuota yang kita dapatkan 46 persen dari biasanya. Tahun sebelumnya jamaah di Arab Saudi tumpah ruah, tahun ini hanya 1 juta sehingga jamaah haji bisa ibadah dengan nyaman. Maka,  gunakan waktu sebaik mungkin untuk meraih ridlo Alloh SWT," terangnya.

Ketiga, ia berpesan agar jemaah haji Jawa Timur sebagai duta bangsa Indonesia dapat menjaga dan mengharumkan nama baik negara. 

"Tuban sebagai prototype dari Indonesia, tunjukkan bahwa Indonesia itu baik dan ramah," ujarnya

Keempat, Nizar juga berharap seluruh jemaah haji senantiasa  diberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan rukun, wajib serta sunnah haji dan menjadi haji mabrur.

Sementara itu, Husnul Maram selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melaporkan jumlah jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Tuban terdiri dari 445 jamaah haji dan 4 orang petugas kloter. Kloter 1 akan diberangkatkan ke Bandara Juanda Surabaya menggunakan 10 armada bus, serta 1 bus khusus untuk jamaah dengan resiko tinggi. 

Embarkasi Surabaya pada tahun ini akan memberangkatkan 38 kloter, dan semua jamaah dinyatakan sehat dan lengkap vaksin serta hasil pcr negatif. (pno/n)

#pemberangkatan haji kloter pertama

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait