Sabtu, 4 Mei 2024

ITS Apresiasi Kontribusi Tokoh Nasional Lewat Penghargaan Angka Nitisastro

Diunggah pada : 13 November 2023 15:37:51 30
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng

Jatim Newsroom- Sebagai bentuk apresiasi terhadap berbagai kontribusi nyata demi memajukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan bangsa Indonesia, ITS memberikan Penghargaan Angka Nitisastro kepada empat tokoh nasional, dirangkaian perayaan Dies Natalis ke-63 ITS.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, menyampaikan, Penghargaan Angka Nitisastro merupakan bentuk apresiasi keluarga besar ITS untuk memberi penghormatan atas dedikasi dan kontribusi para tokoh nasional. “Sudah menjadi tradisi di ITS untuk terus mengenang kontribusi dari siapapun,” ungkap rektor dengan sapaan Ashari ini, dalam rilis ITS yang diterima  Senin (13/11/2023).

Menurut Ashari, momen ini juga menjadi bentuk penghargaan atas prestasi, karya, ataupun jasa yang telah ditorehkan selama ini. Atas berbagai pertimbangan tersebut, ITS sepakat memberikan penghargaan bergengsi ini kepada Menteri Kesehatan RI Ir Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Timur Dr (HC) Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Dr H Emil Elestianto Dardak BBus MSc, dan Rektor ITS periode 2011 – 2015 Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA. 

Pada kesempatan tersebut, Triyogi yang merupakan Rektor ITS ke-10 tersebut mengungkapkan, kontribusinya bagi Kampus Pahlawan ini merupakan sebuah bentuk optimisme yang ia percaya akan menarik potensi unggul yang dimiliki oleh ITS. “Akan tetapi, ITS perlu segera berbenah agar siap bersaing di masa mendatang,” tutur Triyogi mengingatkan.

Berangkat dari masalah tersebut, ia mengusulkan tiga upaya yang bisa dilakukan untuk terus melebarkan sepak terjang ITS di kancah dunia. Antara lain peningkatan kualitas dan kuantitas SDM, memaksimalkan infrastruktur laboratorium untuk menyambung aktivitas pendidikan, serta pengelolaan manajemen perguruan tinggi yang efisien.

Sementara itu, Wagub Jawa Timur yang hadir secara langsung melalui sambutannya menyampaikan bahwa dedikasi yang ia torehkan menjadi bentuk manifestasi atas tekadnya untuk memajukan Jawa Timur di berbagai sektor, salah satunya di bidang perekonomian. “Jawa Timur merupakan penyumbang perekonomian terbesar kedua di Indonesia,” ungkap Emil.

Tak sendirian, langkahnya ini pun diwujudkan lewat kolaborasi bersama ITS sebagai kampus dengan teknologi dan inovasi terdepan. “Ke depannya, ITS juga perlu mengekskalasikan wawasan para pemuda untuk terus menyambungkan tongkat estafet kontribusi,” tandasnya.

Menutup sambutannya pada kesempatan itu, Emil menyampaikan apresiasinya kepada seluruh sivitas akademika ITS. Ia meyakini bahwa ritme dan tren yang telah digencarkan oleh ITS akan berbuah manis di masa mendatang. “Saya berharap, ITS tidak hanya memberi kebermanfaatan bagi Jawa Timur saja, tetapi juga untuk Indonesia,” pungkasnya. 

Selain penyerahan penghargaan kepada para tokoh dan sejumlah media partner serta penghargaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pada kegiatan tersebut dipersembahkan juga sarasehan tentang kilas balik untuk mengenang perkembangan ITS dari masa ke masa. Kilas balik tersebut menghadirkan Bantasyam dan Dr H Ir Abdul Kadir Baraja sebagai narasumber serta dimoderatori oleh Dr Agnes Tuti Rumiati MSc. (mad/hjr)

#its