Selasa, 7 Mei 2024

ISNU Kota Kediri Gelar Talkshow Tingkatkan Partisipasi Politik Warga NU

Diunggah pada : 13 Oktober 2023 20:31:03 122
Talkshow mengusung tema “Membaca Aspirasi Politik Warga NU Tahun 2024” di Kampus Universitas Islam Kadiri (Uniska), Jumat (13/10/2023). Foto: MC Jatim

Jatim Newsroom - Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Kediri menggelar kegiatan Talkshow mengusung tema “Membaca Aspirasi Politik Warga NU Tahun 2024” di Kampus Universitas Islam Kadiri (Uniska), Jumat (13/10/2023). Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan partisipasi dan menjaring aspirasi warga NU.  

Ketua PC ISNU Kota Kediri, Moh Asror Yusuf, mengatakan, berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) jumlah warga NU mencapai 56,9 persen dari total populasi Indonesia. Hal ini, sambung Asror, secara kuantitas memiliki potensi sangat besar sehingga aspirasi warga NU perlu diakomodir dengan baik. 

“Warga NU semakin cerdas dengan beragam pilihan menuju tahun politik 2024. Kami berharap partisipasinya terus meningkat sebagai upaya memilih calon yang sesuai dengan kualitas, kapabilitas dan bersedia mengawal aspirasi warga NU,” katanya. 

Ia menjelaskan meski telah memutuskan untuk bersikap netral dengan menjaga jarak yang sama dengan semua partai politik, NU tetap memberikan kebebasan kepada warganya untuk menentukan sikap politiknya masing-masing. Warga NU bebas untuk mendukung salah satu partai peserta pemilu, termasuk bebas untuk mendukung calon presiden dan wakil presiden serta para calon anggota legislatifnya.

“Disamping mencermati kemandirian warga NU dalam berpolitik, juga perlu untuk mendiskusikan tentang kesadaran politik warga NU. Terutama kedewasaan dan tanggung jawab dalam mengikuti setiap tahapan Pemilu di waktu mendatang.

“Tidak kalah penting mendiskusikan kembali tujuan sebenarnya dari politik warga NU dalam konteks Aswaja dan keindonesiaan,”tegasnya. 

Sebagai informasi, hadir dalam kesempatan ini Ketua PCNU Kota Kediri KH Abu Bakar Abdul Jalil, Pengamat Politik IAIN Kediri Prilani, Intelektual Taufik Alamin, Choirudin Mustofa, Miftahul Huda, Hasan Bisri. Selain itu, hadir sebanyak 200 peserta dari kalangan masyarakat, mahasiswa, aktivis  dan stakeholder lainnya.(red)

#NU #UINKediri